5 Hal Yang Wajib Diketahui Saat Memberi Angpao Imlek - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
5 Hal Yang Wajib Diketahui Saat Memberi Angpao Imlek
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

5 Hal Yang Wajib Diketahui Saat Memberi Angpao Imlek

Satukanal.com, Nasional – Imlek merupakan salah satu momen yang ditunggu terutama oleh warga keturunan Tiongkok. Bagi-bagi angpao merupakan salah satu tradisi saat Tahun baru Imlek. Sesuatu yang wajib ada saat perayaan Imlek berlangsung.

Memberi angpao kepada pada kerabat merupakan tradisi yang tak bisa dilepaskan dari perayaan ini. Bahkan bisa jadi, momen inilah yang dinanti-nantikan saat tahun baru China tiba. Sebelum perayaan Imlek semakin dekat, kali ini Satukanal.comakan merangkum beberapa hal yang perlu dipelajari sebelum memberikan angpao.

1. Amplop identik berwarna merah

Angpao pada perayaan Imlek selalu identik dengan warna merah. Warna merah memiliki makna kebaikan, semangat dan kesejahteraan, sehingga penentuan warna merah sendiri bukan tanpa alasan. Pemberian angpao sendiri tidak hanya diberikan pada saat perayaan Imlek. Namun, beberapa perayaan lainnya seperti pada perayaan ulang taun atau perayaan pernikahan.

2. Jika sudah menikah wajib memberikan angpao

Pada kebiasaan atau tradisi orang-orang China menjelaskan bahwa, jika seseorang telah melangsungkan pernikahan, maka orang tersebut wajib memberikan angpao kepada kerabatnya. Hal tersebut dikarenakan orang yang sudah menikah dianggap telah mapan secara ekonomi.

Baca Juga :  Akankah Beli Mobil Via Online Bakal Jadi Tren 2021?

Tidak hanya itu, ternyata seseorang yang telah menikah juga dianggap telah berada pada fase peralihan dari anak-anak ke orang tua. Namun, bagi seseorang yang belum menikah tidak ada larangan untuk memberikan angpao kepada kerabat yang lebih muda dan tetap diperbolehkan.

3. Nominal uang harus genap

Selain memberikan angpao identik dengan ampolp berwarna merah, hal lain yang perlu di perhatikan adalah nominal uang yang dimasukkan pada angpao harus berjumlah genap. Hindari memebri uang dengan jumlah ganjil seperti Rp 50 ribu. Masyarakat China mempercayai bahwa angka ganjil dalam angpao akan melambangkan duka. Sehingga, pastikan jumlah uang dalam angpao genap.

4. Terdapat nominal uang yang tidak boleh diberikan

Tidak hanya pelarangan pemberian nominal uang ganjir. Namun, masih ada yang harus diperhatikan seperti ada beberapa nominal uang yang tidak boleh diberikan. Jangan sampai kalian memberi uang yang diwali dengan angka empat seperti Rp 40 ribu. Dalam sejarah China, angka 4 seringkali dikaitkan pada ketidakberuntungan. Selain angka 4, ada angka keramat terlarang lainnya yaitu nol dan satu. Nol diartikan sebagai akhir dari segalanya dan satu merupakan lambang dari kesendirian.

Baca Juga :  Tak Perlu Khawatir, Daya Tampung ITS Sebanyak 1324 tersedia di SNMPTN 2021

5. Seseorang yang belum menikan dan anak-anak berhak menerima angpao

Semua orang boleh menerima angpao, terutama anak-anak dan orang yang dituakan. Namun, bagi kalian yang belum menikah maka kalian tetap diperbolehkan menerima angpao. Sebab, angpao yang diterima dari orang yang sudah menikah akan membawa keberkahan berupa kemudahan dalam mendapatkan jodoh.

 

 

 

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait