5 Hal Penyebab Seseorang Dapat Melihat Mahluk Gaib | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
5 Hal Penyebab Seseorang Dapat Melihat Mahluk Gaib
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

5 Hal Penyebab Seseorang Dapat Melihat Mahluk Gaib

SATUKANAL.com, NASIONAL – Keberadaan mahluk gaib atau yang biasa disebut dengan setan, rupanya telah di percayai oleh mayoritas orang. Namun, hanya beberapa orang saja yang benar-benar dapat melihat keberadaan mahluk gaib tersebut.

Kebanyakan orang pasti pernah mengalami kejadian mistis seperti, dapat melihat penampakan, hanya bisa mendengar suara, dan ada pula yang hanya merasakan merinding saja.

Beberapa peneliti beranggapan bahwa, orang yang mengalami kejadian seperti itu merupakan seseorang yang ada pada kondisi penyakit mental schizophrenia. Kondisi tersebut merupakan kondis ketika seseorang tidak bisa membedakan kehidupan nyata dengan halusinasinya.

Tidak hanya penderita mental schizophrenia saja yang dapat melihat adanya mahluk gaib. Ternyata, ada beberapa hal yang mempengaruhi seseorang bisa melihat penampakan mahluk gaib. Diantaranya adalah :

1. Percaya keberadaan setan

Di berbagai media sosial seperti Youtube, Instagram bahkan Facebook banyak menyediakan film maupun drama bergenre horror. Konsumsi beragam film bergenre horror, membuat masyarakat memiliki imajinasi soal beragam peristiwa seram atau horror. Sehingga, tanpa disadari lama-kelamaan beragam peristiwa tersebut akan masuk ke alam bawah sadar seseorang. Peneliti Psikologi Anomalistik di Goldsmiths, Universitas London menyampaikan bahwa, “Orang yang percaya (setan) lebih mungkin merasakan sensasi yang tidak wajar dan cenderung menyimpulkan bahwa, sensasi itu adalah tanda kehadiran setan.”

Baca Juga :  Faktor Cuaca Sebabkan Pesawat Garuda & Lion Air Tujuan Pontianak Gagal Mendarat
2. Berada di tempat gelap dan sepi

Saat seseorang sudah percaya dengan keberadaan mahluk gaib atau setan. Berada di tempat gelap dan sepi, insting seseorang akan semakin tajam. Semakin pekanya insting tersebut, membuat seseorang bisa seolah merasakan ada keberadaan sosok lain diantaranya, baik itu dalam wujud manusia atau makhluk gaib lain.

3. Kehilangan orang tercinta

Beberapa peneliti mengatakan bahwa, otak bisa memanggil roh sebagai alat untuk mengatasi trauma, terutama karena rasa sakit setelah kehilangan orang yang dicintai. British Medical Journal pada salah satu surveinya di tahun 1971 mengatakan, setengah dari janda di Wales dan Inggris mengaku pernah melihat pasangan mereka. Para peneliti juga mengatakan, mahluk gaib atau setan membantu manusia untuk menghadapi peristiwa menyakitkan maupun membingungkan dan beberapa kejadian mengenai komunikasi dengan orang yang sudah meninggal membuat kelegaan atas kesedihan dari mereka yang ditinggalkan.

Baca Juga :  5 Kebiasaan Yang Sering Dilakukan Warga +62 Ketika Naik Pesawat, Kalian Juga?
4. Keadaan halusinasi

Orang-orang yang mengkonsumsi obat-obatan psikoaktif seperti LSD atau magic mushroom, cenderung pernah mengalami hal-hal spriitual. Selain itu, psikiater juga menganggap penglihatan tersebut sebagai akibat dari “ketindihan”, kondisi di mana seseorang terbangun dan mendapati diri mereka tidak dapat bergerak.

5. Gangguan audio

Alasan orang melihat hantu atau penampakan dari makhluk tak kasat mata tersebut bisa berasal dari infrasonik, yakni frekuensi suara yang sangat rendah (20Hz) yang tidak bisa didengar oleh telinga manusia, namun bisa dirasakan. Frekuensi infrasonik ini dapat dihasilkan dari keadaan lain seperti gempa bumi, bom nuklir, dan bahkan oleh seekor burung. Jika infrasonik tertangkap oleh manusia dengan frekuensi tertentu maka frekuensi tersebut mampu menyebabkan mata bergetar. Sehingga akan menghasilkan distorsi pandangan. Di saat seperti itu, seseorang mampu melihat hantu atau wujud seram lainnya yang dibangun dari pikiran alam bawah sadarnya.

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait