5 Game Bertema Covid-19 Yang Dapat Dimainkan Saat Di Rumah Saja - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
5 Game Bertema Covid-19 Yang Dapat Dimainkan Saat Di Rumah Saja
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

5 Game Bertema Covid-19 Yang Dapat Dimainkan Saat Di Rumah Saja

SATUKANAL.com, NASIONAL– Bermain game dapat menjadi solusi untuk mengatasi rasa bosan di rumah akibat pandemi covid-19. Mengingat, saat ini angka penyebaran covid-19 masih tinggi sehingga Pemerintah juga menerapkan pembatasan sosial di beberapa daerah di Indonesia.

Hal serupa juga disampaikan oleh WHO, dilansir dari tirto.id WHO memberikan himbauan kepada orang-orang untuk bermain game  ketika menjalani anjuran physical distancing serta isolasi mandiri di rumah.

“Kita berada pada momen krusial di tengah pandemik. Perusahaan gime punya audiens global, kami mendorong mereka untuk #PlayApartTogether,” ungkap Duta Besar WHO untuk strategi golbal yang dikutip dari tirto.id.

Melihat keadaan  ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bekerja sama dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI) dan Clevio mengadakan kompetisi pembuatan video game. Game- game tersebut nantinya dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk sosialisasi pencegahan dan penanggulangan wabah covid-19.

Mengusung tema “Mari Bersama Melawan Covid-19: Hidup Bersih, Sehat dan Seru”,  ajang ini juga diharapkan dapat membantu sosialisasi bagaimana melawan, mencegah dan meminimalisir pandemi melalui media interaktif yang mudah diakses oleh siapa saja yaitu video game.

“Program ini adalah salah satu bentuk nyata usaha pemerintah dan asosiasi untuk menyelesaikan beberapa permasalahan yang muncul dari krisis covid-19,” ungkap Ketua Umum AGI Cipto Adiguno dikutip dari website resmi agi.or.id

Baca Juga :  Sering Terpapar Polusi Dan Asap Rokok? 5 Cara Membersihkan Paru-Paru Ini Perlu Dicoba

Senada dengan pernyataan Cipto Adiguna,  Dirjen Aplikasi Informatika Kemkominfo juga berpendapat ajang ini dapat memberikan input baru bagi Pemerintah serta masyarakat di luar sana.

“Kondisi kita harus beraktifitas di rumah tidak menjadi kendala untuk belajar hal baru, dan juga menghasilkan karya yang bermanfaat,” ungkap Semuel Abrijani Pangerapan, Dirjen Aplikasi Informatika, Kemkominfo dilansir dari website Kemkominfo.

Untuk itu, berikut 5 rekomendasi game bertema covid-19 dari ajang kompetisi yang diadakan oleh Kemkominfo untuk dimainkan saat berada di rumah saja:

  1. Fight Covid-19

Game ini merupakan karya cipta dari Andrie Nata. S. Dalam game ini, pemain berperan sebagai donatur yang akan memberikan bantuan kepada masyarakat untuk memerangi wabah covid-19. Pemain harus memberikan donasi yang tepat sesuai dengan yang diminta oleh masyarakat. Link download: https://bit.ly/FightCovidUmum (Mobile Android

 

  1. Planet Covid

Planet Covid merupakan game yang diciptakan oleh Kevin Jaya Wiguna. Game ini adalah sebuah game tap tap, dimana player berperan sebagai raja yang mengatur pembangunan rumah sakit, strategi pemakaian disinfectant dan sebagainya untuk menekan jumlah kematian korban covid-19. Game ini dapat diunduh di link  berikut https://bit.ly/PlanetCovidUmum (Mobile Android).

Baca Juga :  Kapolri Beri Jaminan Masyarakat Atas Kebebasan Berekspresi di Ruang Digital Tanpa Dibayangi Jerat UU ITE

 

  1. Safety Shoppy

Game ini adalah karya dari Vinda D Zoebir. Game ini menceritakan tentang seseorang yang disuruh ibunya berbelanja makanan ke supermarket di tengah maraknya virus covid-19. Dalam game ini, pemain harus mengikuti petunjuk pemerintah dan aturan yang berlaku agar tetap aman, sehat dan terjaga dari bahaya virus yang sedang menyerang. Link download: https://bit.ly/SafeyShoppyUmum (Mobile Android)

 

  1. Petualangan Covid-19

Game ini merupakan hasil karya dari Akbar Wicaksono. Game ini menceritakan tokoh utama yang diberi nama Abil untuk pulang ke rumah denga tetap sehat tanpa mengenai virus. Game ini dapat diunduh di link https://bit.ly/PetualanganCovid19 (Mobile Android)

  1. Stay- A cute but Anxious Girlfriend Simulator

Game ini adalah karya dari Fajri Rahmadhany. Game ini bercerita tentang seorang wanita yang terisolasi dalam kos di perantauannya. Ia tidak bisa pulang kampung karena tidak diizinkan. Dalam game ini, pemain harus melakukan berbagai hal dari rumah mulai makan, bekerja hingga belajar. Pemain juga harus tetap menjaga indeks kebahagiaan dan kesehatan agar tetap seimbang. Link download: https://bit.ly/AnxiousGirlfriendUmum (Mobile Android)

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait