5 Fakta WHO Tetapkan Madinah Sebagai Kota Tersehat di Dunia - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
5 Fakta WHO Tetapkan Madinah Sebagai Kota Tersehat di Dunia
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

5 Fakta WHO Tetapkan Madinah Sebagai Kota Tersehat di Dunia

Satukanal.com, Nasional – Sebagaimana dilansir pada laman Arab News, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menobatkan Kota Madinah di Arab Saudi menjadi salah satu kota tersehat di Dunia.

Jika diantara kalian pernah mengunjungi Madinah, hal pertama yang dapat dirasakan adalah rasa kenyamanan saat berkunjung. Faktor kenyamanan tersebut salah satunya dilihat dari kondisi Kota Madinah yang terjaga kebersihannya.

Sebelum terpilihnya Kota Madinah menjadi kota tersehat di dunia, Tim WHO telah melakukan asesmen dalam kunjungannya ke Madinah beberapa waktu lalu.

Seperti yang dikutip dari laman WHO, definisi kota sehat sendiri yakni sebuah wilayah yang terus menciptakan dan meningkatkan lingkungan fisik dan sosial, serta memperluas sumber daya komunitas untuk menjalankan fungsi kehidupan dan berkembang secara maksimal.

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa fakta yang telah di rangkum Satukanal.com mengenai alasan WHO memilih Kota Madinah sebagai Kota tersehat di Dunia.

1. Kota Madinah memenuhi semua standar global kota sehat dari WHO

WHO menjelaskan bahwa, Kota Madinah menjadi salah satu kota yang telah memenuhi kriteria kota sehat. Hal tersebut didasarkan pada Kota Madinah yang dinilai terus menjaga kebersihan kota nya disetiap sudut. Madinah juga disebut memenuhi tujuan yang ditetapkan Proyek Strategi Wilayah Madinah dan peluncuran program “Kota Manusiawi”.

Baca Juga :  Korban Kebakaran Lapas Tangerang Bertambah

2. Madinah memiliki populasi penduduk lebih dari 2 juta jiwa

Madinah juga menjadi kota pertama dengan populasi penduduk lebih dari 2 juta jiwa yang diakui sebagai kota tersehat oleh WHO. Terciptanya kota Madinah menjadi kota tersehat, hal tersebut tidak menutup kemungkinan adanya faktor penduduk kota Madinah yang tetap disiplin dan konsisten untuk menjaga lingkungan sekitarnya.

3. Madinah memiliki program terpadu untuk memajukan kota

Salah satu dari program terpadu tersebut adalah kemitraan strategis antara Kota Madinah dengan Universitas Taibah guna mencatat persyaratan pemerintah pada platform elektronik untuk tinjauan organisasi. WHO juga merekomendasikan agar Universitas Taibah memberikan pelatihan kepada setiap instansi milik pemerintah kota lain di Arab Saudi yang berminat mengikuti program kota sehat.

Baca Juga :  Membangkitkan Awareness Kekerasan Seksual Melalui Film “Penyalin Cahaya"

4. Kota Madinah menciptakan dan meningkatkan lingkungan fisik dan sosial yang sehat

Menurut WHO, kota yang sehat adalah kota yang terus-menerus menciptakan dan meningkatkan lingkungan fisik dan sosial yang sehat. Selain itu, sebuah kota juga harus memperluas sumber daya komunitas. Dengan demikian, memungkinkan warganya untuk saling mendukung satu sama lain dalam menjalankan semua fungsi kehidupan dan berkembang secara maksimal.

5. Sebanyak 22 instansi membantu mempersiapkan akreditasi dari WHO

Sebanyak 22 badan pemerintah, komunitas, badan amal, dan relawan membantu mempersiapkan akreditasi dari WHO tersebut. Sebuah komite yang diketuai oleh Presiden Universitas Taibah, Abdul Aziz Assarani, mengawasi 100 anggota yang mewakili 22 badan pemerintah, sipil, badan amal dan sukarelawan. Kriteria itu termasuk untuk mencapai tujuan yang ditetapkan oleh Proyek Strategi Wilayah Madinah dan peluncuran program “Kota Manusiawi”.

 

 

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait