5 Fakta Eiger Ramai Diperbincangkan Warganet Usai Komplain Review Youtuber - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
5 Fakta Eiger Ramai Diperbincangkan Warganet Usai Komplain Review Youtuber
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

5 Fakta Eiger Ramai Diperbincangkan Warganet Usai Komplain Review Youtuber

Satukanal.com, NasionalEiger merupakan salah satu merk perlengkapan outdoor hari ini mendadak ramai diperbincangkan oleh warganet melalu beberapa akun media sosialnya masing-masing, salah satunya ada pada laman Twitter.

Pada Kamis (28/01/2021) Eiger bahkan menduduki puncak trending topik yang banyak diperbincangkan di Twitter. Perbincangan mengenai Eiger berawal pada salah satu unggahan dari Youtuber Dian Widiyanarko (@duniadian) yang mengunggah melalui laman media sosialnya mengenai surat keberatan yang dikirimkan Eiger untuknya.

Surat keberatan dari pihak Eiger yang diberikan kepada Youtuber Dian Widiyanarko lantaran adanya video ulasan produk Eiger yang diunggah Dian pada akun Youtube pribadi miliknya. Berikut adalah lima fakta yang telah di rangkum oleh Satukanal.com.

1. Terdapat tiga poin keberatan dalam surat tersebut

Adanya surat tersebut yang dikirimkan kepada Youtuber Dian Widiyanarko, pihak Eiger mengungkapkan beberapa poin keberatannya atas video Dian yang berjudul “REVIEW Kacamata EIGER Kerato | Cocok Jadi Kacamata Sepeda” yang diunggah pada kanal YouTubenya.

Adapaun tiga poin keberatan yang disebut Eiger yakni:

  1. Kualitas video ulasan produk yang dianggap kurang bagus dari segi pengambilan sehingga pihak Eiger merasa detail produk kurang jelas dan terlihat berbeda dari aslinya.
  2. Terdapat suara di luar video (noise) yang dianggap mengganggu, sehingga informasi yang di sampaikan Youtuber Dian Widiyanarko kepada para penonton menjadi tidak jelas.
  3. Setting lokasi yang dipilih untuk pengambilan video dianggap kurang layak

2. Tujuan riview produk Eiger bukan dalam rangka endorsement

Ketiga poin yang ada pada surat keberatan tersebut, pihak Eiger berharap agar video review milik Youtuber Dian Widiyanarko dapat diperbaiki atau menghapusnya dari kanal Youtubenya.

Baca Juga :  Berlaku Secara Nasional, Tilang Elektronik ETLE Punya Mekanisme Yang Berbeda

Atas adanya surat keberatan yang diterimannya, Youtuber Dian Widiyanarko pun merasa kaget, lantaran dirinya tidak melakukan ulasan dalam rangka endorsement atau promosi.

“Lebih kaget lagi baca poin keberatannya. Saya kan review produk gak anda endorse. Kalau anda endorse atau ngiklan boleh lah komplen begitu. Lha ini beli, gak gratis, lalu review pake alat sendiri,” Tulis Dian.

3. Review produk kacamata milik Eiger

Video ulasan produk berjudul “REVIEW Kacamata EIGER Kerato | Cocok Jadi Kacamata Sepeda” yang diunggah Dian di YouTube memiliki durasi 10.08 menit. Dalam videonya tersebut, Dian menyebut produk kacamata Eiger Kerato cocok untuk orang dengan fitur wajah lebar seperti dirinya.

Selebihnya, isi video merinci tentang spesifikasi produk layaknya sebuah video ulasan biasa. Setelah unggahan milik Dian viral, kolom komentarnya pun dibanjiri dukungan warganet. Bahkan beberapa di antaranya datang dari sesama YouTuber.

4. Selebritas bahkan para influencer ikut berkomentar

Beberapa figur selebritas dan influencer pun turut berkomentar. Salah satunya Tirta Mandira Hudhi atau yang dikenal dengan nama dr Tirta. Melalui akun Instagram miliknya, Tirta menuliskan seharusnya merek lokal senang jika ada orang yang mengulas produk mereka secara jujur.

Apalagi jika pelanggan yang mengulas juga membeli produknya sendiri. “Tapi baru tau. Ada brand yg marah2 ke customer karena “review jujur “ dan ngasi somasi ginian.” “Yaelah @eigeradventure brand kalian emng besar. Saya akui. Brand lokal mantap. Tapi ga gini juga memperlakukan customer yg review,” tulisnya dalam keterangan foto.

5. Dian bukan satu-satunya orang yang menerima Surat Keberatan dari Eiger

Viralnya unggahan dari ternyata Dian bukan satu-satunya orang yang menerima surat keberatan. Pengguna akun Twitter @AditiyaBoris, misalnya, mengaku pernah menerima kiriman surat serupa dari Eiger. Ia pun melampirkan foto surat yang sama pada tweet yang diunggahnya.

Baca Juga :  LTMPT Sebut Sistem Penilaian UTBK Gelombang 1 Dan 2 Sama

“Senasib kita Bang, dapet surat “Cinta” dari Eiger.. 😀 dan video udah saya hapus. Mungkin kedepannya saya investasi buat beli lighting yang mahal khusus untuk review produk eiger :D,” tulisnya.

Pengguna akun Twitter @mfahmifath juga berkomentar hal senada di kolom komentar Dian. “Dulu juga kaget dapet email kek gini, kirain cuman saya doang pak. Taunya yg lain juga ada yg dapet. Mana tanggalnya sama lagii wkwk,” tulis dia.

Atas viralnya persoalan tersebut Eiger pun mengakui bahwa cara yang mereka lakukan selama ini salah. Perusahaan membela diri, bahwa mereka sejatinya hanya ingin memberi saran kepada kreator konten agar membuat ulasan produk yang lebih baik.

CEO Eiger, Ronny Lukito, akhirnya angkat bicara menyampaikan permintaan maaf kepada publik terkait surat keberatan perusahaan yang ditujukan kepada Dian. Pihaknya membenarkan bahwa surat dikirim oleh tim internal PT Eigerindo Multi Produk Industri.

”Kami sadari, apa yang kami lakukan tidak tepat dan salah. Sejatinya maksud dan tujuan kami adalah untuk memberikan masukan kepada reviewer agar lebih baik lagi. Tetapi sekali lagi, kami menyadari bahwa penyampaian kami salah,” kata Ronny dalam pernyataan resmi, Kamis (28/01/2021).

Pada kesempatan ini, Ronny turut berterima kasih kepada para konsumen yang telah meluangkan waktu untuk membuat konten kreatif terkait produk Eiger.

 

 

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait