5 Cara Menjaga Kesehatan Mental Saat Positif Covid-19 - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
5 Cara Menjaga Kesehatan Mental Saat Positif Covid-19
Ilustrasi seorang perempuan yang sedang menyendiri (Foto: Pixabay.com)
BERITA Kanal Artikel Kanal Highlight

5 Cara Menjaga Kesehatan Mental Saat Positif Covid-19

Satukanal.com, Nasional – Pandemi virus Covid-19 tidak hanya mengancam kesehatan fisik, namun juga kesehatan mental setiap individu. Tidak hanya rasa takut, efek psikologis yang ditimbulkan pun bisa berdampak serius.

Apalagi ketika kalian terpapar Covid-19 dan harus menjalani isolasi mandiri. Rasa cemas, takut, dan stres adalah hal normal yang sering dialami. Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental saat kita terpapar Covid-19? Simak ulasan dari Satukanal.com berikut ini.

1. Tidur yang cukup

Tidur cukup dan berkualitas menjadi salah satu hal yang harus dipenuhi oleh pasien Covid-19 saat sedang menjalani isolasi atau perawatan. Dewiyana Andari Kusmana, dokter spesialis Paru, konsultan intensivist dan gawat nafas menyarankan agar pasien Covid-19 sudah tidur sebelum jam 9 malam.

Hal itu dilakukan agar tubuh dapat lebih mudah untuk beristirahat di malam hari, Dewiyana pun merekomendasikan pasien untuk lebih aktif pada siang hari.

Baca Juga :  Kuota Gratis dari Kemendikbudristek Tak Bisa Akses 39 Situs dan Aplikasi Ini

2. Minta doa dan dukungan dari oang sekitar

Minta orang-orang terdekat untuk memeriksamu secara teratur, ketika isolasi mandiri, interaksi fisik tak bisa dilakukan dengan orang lain, tapi kita tetap bisa memanfaatkan teknologi agar tetap terhubung melalui obrolan telepon, email atau video.

Sosialisasi itu penting dilakukan, terlebih ketika kita tengah menjalani isolasi dan merasa terkurung atau sendirian. Terhubung dengan orang lain bisa mengusir rasa kesepian dan tertekan.

3. Lakukan kegiatan yang disukai

Saat menjalani masa isolasi, kalian bisa melakukan berbagai hal yang membantu pikiran agar sibuk dan tidak merenung. Kalian bisa berbelanja online, menonton drama, atau hal-hal menyenangkan lainnya. Jika suka menulis, tuliskan pengalaman yang sudah dilalui selama masa isolasi mandiri. Hal tersebut bisa menjadi referensi orang lain yang memiliki kondisi yang sama.

Baca Juga :  Komodo Masuk Daftar Merah Hewan Terancam Punah

4. Membekali diri dengan pengetahuan tentang Covid-19

Hal ini perlu dilakukan agar kita terhindar dari rasa takut berlebihan. Cari informasi dari media-media terpercaya serta situs resmi pemerintah. Jangan langsung percaya dengan informasi yang beredar di grup percakapan yang belum jelas sumbernya. Hindari membaca berita-berita yang membuat risau seperti rumah sakit yang penuh atau kasus Covid-19 terus naik.

5. Berpikir Positif

Salah satu hal yang paling berbahaya bagi kesehatan mental adalah memikirkan hal-hal yang sebenarnya tidak perlu dipikirkan berusaha untuk berpikir positif, dan tidak memikirkan hal yg tidak perlu.

Isolasi mandiri membuat pasien tidak memiliki banyak kegiatan seperti biasanya, sehingga terkadang pikiran melayang tinggi pada hal-hal yang tidak penting. Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya lakukan hal-hal seperti yang telah disebutkan diatas.

 

 

Pewarta : Viska
Editor : Adinda

Kanal Terkait