5 Aksesoris Berbahaya Jika Ada di Dalam Mobil, Hindari! - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
5 Aksesoris Berbahaya Jika Ada di Dalam Mobil, Hindari!
Ilustrasi Mobil
BERITA Kanal Artikel

5 Aksesoris Berbahaya Jika Ada di Dalam Mobil, Hindari!

Satukanal.com, Nasional – Mengendarai mobil memang membutuhkan keahlian dan konsentrasi yang penuh. Konsentrasi mengemudi tentunya akan buyar ketika ada yang menghlanagi atau membahayakan. Salah satu yang membuat kenyamanan dan konsentrasi berkendara hilang adalah penempatan aksesoris mobil.

Menambah aksesoris pada mobil tentu merupakan kegiatan yang menyenangkan. Dengan mempercantik mobil, tentu juga meningkatkan mood ketika berkendara. Namun, ada beberapa jenis aksesoris berbahaya yang membahayakan pengemudi dan juga pengendara lain. Apa saja aksesoris tersebut? Simak ulasannya.

1. Dasbor bulu

Selera pemilik dan pengguna mobil memang bermacam-macam. Tak sedikit yang mengekspresikan kesukaannya pada kabin mobil. Mungkin bagi kalangan wanita, ada yang memasang aksesoris cover dasbor dengan bulu-bulu.

Sebenarnya tidak ada yang melarang. Namun jika kehadiran aksesoris tersebut dapat merefleksikan warnanya yang sangat cerah ke kaca depan, tentu jadi membahayakan saat mengemudi.

Baca Juga :  UMP di Tahun 2022 Naik, DKI Jakarta Tertinggi

2. Hiasan Gantung di Spion Tengah

Beberapa orang sering menggantungkan hiasan di spion tengah. Namun, ketika ukuran hiasan yang kamu gunakan terlalu besar, hal tersebut justru bisa membahayakan.

Apabila ingin menggantung hiasan di spion tengah, maka pilihlah aksesoris yang tidak menutupi atau mengganggu pandangan ke depan ataupun belakang. Jangan sampai hiasan gantung yang terpasang juga mengganggu konsentrasi kamu ketika sedang mengemudi.

3. Buzzer Sabuk Pengaman

Pengemudi kendaraan tidak disarankan untuk menambahkan aksesoris yang berhubungan dengan sabuk pengaman dan bukan rekomendasi pabrikan. Gunakan sabuk pengaman sebagaimana mestinya.

Kebanyakan orang malas untuk memakai sabuk pengaman, sehingga mereka mencari berbagai cara agar menghentikan peringatan penggunaan sabuk pengaman. Hal ini tentu saja berbahaya bagi keselamatan pengemudi.

4. Mengganti warna Lampu

Pergantian lampu yang lebih terang daripada lampu bawaan pabrik tentu bisa memudahkan pencahayaan di malam hari. Hanya saja, lampu dengan cahaya terang atau putih justru berbahaya bagi pengendara lain karena menyebabkan silau. Kesilauan tersebut tidak jarang menjadi penyebab kecelakaan atau bahkan perkelahian antar pengguna jalan karena merasa terganggu.

Baca Juga :  Pengaruh Media Sosial Disebut Buruk pada Mental Orang Indonesia, Mengapa?

5. Pemutar Setir Satu Tangan

Kenop pemutar setir adalah aksesoris yang banyak disebut bisa meringankan pengemudi untuk mengendalikan mobil pada saat berkendara. Padahal, aksesoris jenis ini termasuk ke dalam golongan aksesoris yang cukup membahayakan.

Namun, untuk penggunaan pada mobil, knob setir bisa berpotensi berbahaya. Apabila mobil mengalami benturan, knob setir dapat berakibat fatal bagi pengemudi. Pabrikan juga tidak merekomendasikan aksesoris satu ini. Sebab tangan pengemudi harus selalu dalam posisi jam 9 dan 3 pada lingkar kemudi.

 

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait