4 Tips Olahraga Agar Tubuh Tetap Bugar Saat Puasa - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
4 Tips Olahraga Agar Tubuh Tetap Bugar Saat Puasa
STRAIGHT NEWS

4 Tips Olahraga Agar Tubuh Tetap Bugar Saat Puasa

Satukanal.com, Nasional – Meski berpuasa, bukan alasan untuk tidak aktif olahraga. Saat puasa, tentunya kita akan banyak kekurangan asupan makanan dan minuman dalam tubuh. Namun, kita juga harus tetap olahraga ringan saat bulan puasa agar tubuh tetap bugar.

Berolahraga selain menyehatkan tubuh selama bulan yang suci ini, manfaat lain yang dapat dirasakan yakni, membantu menurunkan berat badan dan membuat tubuh tetap ideal. Namun, tetap harus memperhatikan asupan makanan saat berbuka maupun sahur.

Saat puasa intensitas olahraga juga harus dikurangi untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Lantas, jenis olahraga apa yang baik dan cocok di lakukan saat berpuasa?

1. Jalan santai

Bulan ramadhan di tengah pandemi seperti saat ini membuat kita harus menjaga jarak dengan orang lain, sehingga tak bisa leluasa melakukan olahraga di luar rumah. Namun, kalian tetap bisa berolahraga di rumah dengan berjalan santai.

Dengan jalan santai, kesehatan tubuh bisa terjaga terutama kesehatan jantung dan bagian otot serta tulang tanpa harus mengeluarkan keringat terlalu banyak. Pilihlah waktu yang tepat untuk melakukan olahraga ini seperti di sore hari menjelang buka puasa untuk mencegah kondisi lemas yang terlalu lama.

Baca Juga :  Selain Mudik, Bukber dan Open House Lebaran Juga Dilarang

2. Yoga

Bagi yang ingin berolahraga ringan saat bulan puasa, kalian bisa melakukan yoga. Olahraga ringan ini juga tidak membutuhkan alat apapun, kalian bisa melakukannya diatas matras ataupun karpet.

Seperti yang kita tahu, latihan yoga berfokus pada teknik pernapasan yang otomatis menambah suplai oksigen ke seluruh jaringan dan menyeimbangkan produksi hormon. Tidak hanya itu, yoga membantu membakar kalori dan mampu memperbaiki postur tubuh.

3. Jogging

Tidak perlu khawatir, jogging masih termasuk ke dalam olahraga ringan yang dapat dilakukan selama puasa dan dapat dilakukan kapan saja. Cobalah untuk jogging selama 10-15 menit mengelilingi komplek ataupun dengan menggunakan treadmill.

4. Bersepeda santai

Bersepeda santai juga merupakan olahraga ringan yang menyenangkan dan bisa kalian coba. Selain mengencangkan otot, bersepeda juga menyehatkan jantung. Bersepeda paling nikmat dilakukan pada sore hari sembari ngabuburit sebelum buka puasa. Pilihlah jalur yang minim kendaraan bermotor agar dapat bersepeda lebih nyaman.

Baca Juga :  e-HAC Jadi Syarat Wajib Perjalanan Udara dan Laut. Simak Panduannya!

Sementara itu, Olahraga memang membawa pengaruh positif pada tubuh. Namun, ketika berolahraga saat sedang puasa. Terdapat hal-hal yang harus dilakukan, salah satunya dengan memperhatikan waktu berolahraga.

Dilansir dari thenational dan islamicity, olahraga sebaiknya tidak dilakukan saat berpuasa karena saat puasa perut dalam keadaan kosong. Waktu terbaik untuk melakukan olahraga saat puasa adalah setelah berbuka, karena setelah berbuka tubuh mendapatkan energinya kembali dari makanan dan minuman.

Namun, ada juga yang beranggapan bahwa waktu terbaik melakukan olahraga adalah pada saat menjelang berbuka puasa, yakni dilakukan 30-60 menit menjelang berbuka karena mendekati waktu makan.

 

 

 

 

Pewarta : Naviska
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait