4 Tips Basmi Gulma di Halaman Rumah - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
4 Tips Basmi Gulma di Halaman Rumah
Ilustrasi gulma di halaman rumah
BERITA Kanal Artikel

4 Tips Basmi Gulma di Halaman Rumah

Satukanal.com, Nasional – Gulma merupakan tumbuhan yang tumbuh disekitaran tanaman budidaya yang kehadirannya tidak diinginkan pada lahan pertanian karena menurunkan hasil yang bisa dicapai oleh tanaman produksi dan juga menjadi sarang hama dan penyakit.

Gulma atau rumput liar ini sering membuat pemandangan halaman rumah menjadi berantakan. Sedangkan membersihkan gulma secara manual memang sangat melelahkan dan membutuhkan banyak waktu.

Ada banyak obat yang bisa membantu menghilangkan gulma dan dijual secara bebas di toko tanaman. Tapi banyak orang menghindari penggunaan obat-obat tersebut, karena bahan di dalamnya adalah bahan kimia. Berikut rekomendasi bahan alami dari Satukanal.com yang bisa membantu menghilangkan gulma.

1. Cuka

Cuka tidak hanya efektif membersihkan setiap area rumah, tetapi juga merupakan pembunuh gulma yang ampuh. Cuka paling baik digunakan pada ruumput yang masih muda dan harus diterapkan beberapa kali. Untuk membunuh gulma yang lebih kuat, kamu bisa membasahi akar gulma dengan campuran cuka 20 persen lebih kuat.

Baca Juga :  19 November, Indonesia Bakal Saksikan Gerhana Bulan Terpanjang

2. Air mendidih

Selain itu, cukup rebus air dan tuangkan di atas rumput liar. Gulma tidak akan bisa mentolerir air panas dan akan mati. Cara ini bisa saja membunuh tanaman di sekitarnya, jadi berhati-hatilah saat menuangkannyam dan tuangkan air di tempat yang tidak akan mengenai tanaman yang ingin kamu rawat.

3. Garam

Garam merupakan produk serbaguna lain yang ada di dapur rumah. Garam rupanya juga bisa digunakan untuk membunuh gulma. Taburkan garam di atas akar dan itu akan bekerja untuk mengeringkannya dan mengganggu keseimbangan air internal sel-sel tumbuhan, akhirnya membunuh rumput liar.

Berhati-hatilah untuk tidak berlebihan karena garam dapat mempengaruhi kondisi tanah. Garam dan cuka juga dapat dipasangkan dengan beberapa sabun cuci piring untuk membuat ramuan pembunuh gulma buatanmu sendiri.

Baca Juga :  Ini Wilayah di Jawa Timur Penghasil Pecel Terenak, Udah Coba?

4. Baking soda

Pembunuh gulma alami menggunakan bahan-bahan di dapur seperti baking soda juga efektif menghilangkan gulma dari kebun. Siram gulma untuk membasahi daun, lalu taburkan baking soda. Setelah sekitar satu bulan, jika gulma tidak mati, ulangi dengan dosis lain. Kamu juga bisa menggunakan campuran satu bagian baking soda dengan dua bagian cuka agar lebih efektif.

Selain itu, gulma dapat dihilangkan secara menyeluruh dengan cepat jika membuang gulma dengan benar. Pendekatan terbaik saat menghilangkan gulma adalah memasukkannya ke ember atau tas khusus, lalu memasukkannya ke dalam tong sampah. Jangan menaruh gulma di tumpukan kompos yang dapat membuatnya berakar lagi.

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait