4 Program Bantuan Pemerintah Yang Sudah Disalurkan Untuk Masyarakat Terdampak Covid-19. Begini Ulasannya - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
4 Program Bantuan Pemerintah Yang Sudah Disalurkan Untuk Masyarakat Terdampak Covid-19. Begini Ulasannya
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

4 Program Bantuan Pemerintah Yang Sudah Disalurkan Untuk Masyarakat Terdampak Covid-19. Begini Ulasannya

SATUKANAL.com, NASIONAL– Pemerintah kembali memberikan bantuan bagi masyarakat yang terdampak covid-19 di tahun 2021 ini. Sebelumnya, di tahun 2020 pemerintah juga telah menyalurkan sejumlah bantuan bagi masyarakat terdampak covid-19.

Untuk itu, di awal tahun 2021 ini terdapat beberapa bantuan yang sudah cair. Bantuan tersebut disalurkan melalui Kementerian Sosial (Kemensos) yang saat ini dikomandoi oleh Tri Rismaharini. Total ada 4 bantuan pemerintah yang telah cair di bulan Januari ini.

Selain dari Kemensos, terdapat empat bantuan lainnya yang rencananya juga akan disalurkan ada 2021 ini yaitu BLT UMKM, Kartu Prakerja, Kuota Belajar kemendikbud. Namun, hingga saat ini terkait waktu penyalurannya bantuan tersebut asih beum diumumkan.

Berikut ulasan keempat bantuan pemerintah 2021 yang telah cair :

  1. Bantuan Sosial Tunai (BST)

Bantuan Sosial Tunai dari Kementerian Sosial (Kemensos) ini mulai dicairkan pada 4 Januari 2021. Bagi setiap penerima BST mendapatkkan uang tunai sebesar Rp. 300.000/bulan per keluarga. Bantuan ini akan diberikan selama 4 bulan berturut-turut yaitu dari bulan Januari hingga bulan April tahun 2021.

Daftar penerima bantuan ini dapat dilihat melaui laman Data Terpadu kesejahteraan Sosial dengan alamat https://dtks.kemensos.go.id. Pada bagian atas tersedia kolom pencarian terkait penerima bantuan sosial tunai (BST). Selanjutnya, dapat dipilih ID yang terdiri dari tiga jenis ID yaitu ID DTKS/BDT, Nomor PBI JK/KIS dan NIK. ID

DTKS yang dimaksudkan yaitu ID Data Terpadu kesejahteraan Sosial. Biasanya, data tersebut tersimpan di dinas sosial kabpaten atau kota. Apabila tidak mempunyai ID tersebut maka bisa dipilih opsi NIK atau Nomor Induk Kependudukan atau nomor PBI JK/KIS.

Baca Juga :  Viral Matahari Terbit dari Utara! Bukan Tanda Kiamat Melainkan Fenomena Lumrah

Kemudian, nomor kepesertaan dari ID yang dipilih dimasukkan. Setelah itu, masukkan nama sesuai dengan ID yang dipilih. Dan yang terkahir yaitu masukkan dua kata yang tertera dalam kotak box captcha dan klik “cari”.

  1. Program Bantuan Sembako

Bantuan sosial sembako diberikan untuk keluarga miskin dan rentan yang terdaftar di Data Terpadu kesejahteraan Sosial (DTKS). Menurut Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin (PFM) Kemensos, bantuan ini sudah diberikan mulai 4 Januari 2021 dan telah dilaksanaan sepanjang tahun mulai Januari hingga Desember 2021.

Sedangkan untuk sasaran program sembako ini yaitu 18,8 juta orang penerima dengan besaran bantuan yaitu Rp. 200.000. Untuk tahun ini, mekanisme penerimaan vantuan sembako berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang berupa barang melainkan dengan uang tunai yang dikirimkan lewat tarnsfer ke rekening oleh Bank Himbara.

  1. Program Keluarga Harapan (PKH)

Bantuan pada program keluarga harapan diberikan pada4 Januari 2021 bersamaan dengan program bantuan lainnya. Bantuan PKH diberikan kepada beberapagolongan yaitu anak sekolah (SD, SMP. SMA), anak usia dini, penyandang disabiltas, lansia dan ibu hamil.

Total sasaran penerima bantuan ini yaitu 10 juta orang dan diberikan selama 4 tahap yakni Januari, April, Juli dan Oktober. Untuk penyalurannya dilakukan oleh Bank Himara melalui rekening penerima.

Lebih lanjut, berikut rincian bantuan PKH yang diberikan yaitu:

  • Bantuan ibu hamil mendapatkan Rp 3 juta per 1 tahun
  • Bantuan anak usia dini mendapatkan Rp 3 juta per 1 tahun
  • Bantuan penyandang disabilitas mendapatkan Rp 2,4 juta per 1 tahun
  • Bantuan 70 tahun keatas atau lanjut usia mendapatkan Rp 2,4 juta per 1 tahun
Baca Juga :  Waspada, Beras Mengandung Zat Kimia! Begini Cara Identifikasinya

Sedanngkan untuk para pelajar dari SD hingga SMA diberikan bantuan dengan rincian sebagi berikut:

  • Bantuan pelajar SD/MI/Sederajat mendapatkan Rp 900.000 per 1 tahun
  • Bantuan SMP/MTS/Sederajat mendapatkan Rp 1,5 juta per1 tahun
  • Bantuan SMA/MA?Sederajat mendapatkan Rp 2 juta per 1 tahun
  1. Subsidi Listrik

Bantuan sudah dapat dinikmati sejak 7 Januari 2021 dan akan diberikan hingga Maret 2021. Sebelumnya, bantuan ini telah diberikan di tahun 2020. Pada 8 Januari 2021 ada 32 juta pelanggan rumah tangga dengan daya 450 VA dan 900 VA bersubsidi serta 459.000 pelanggan bisnis dan industri dengan daya 450 VA yang mendapatkan stimulus listrik ini.

Untuk mendapatkan bantuan subsdi listrik adalah lewat aplikasi PLN Mobile, Website  resmi PLN dan Whatsapp. Caranya yaitu dengan mengakses laman www.pln.co.id kemudian pilih menu stimulus covid-19, masukkan ID pelanggan atau Nomor meter. Atau bisa juga melalui Whatsapp ke nomor 08122123123. Kemudian ikuti petunjuk selanjutnya. Aapabila melalui aplikasi PLN Mobile dapat dilakukan dengan mengunduh apikasi tersebut lalu klik PLN Peduli Covid-19 di bagian Info dan Promo.

Lebih lanjut, terkait ketentuan diskon yang diberikan adalah sebagai berikut:

  • Diskon 100 persen untuk pelanggan listrik kategori 450 VA
  • Diskon 50 persen untuk pelanggan kategori daya 900 VA bersubsidi yang sudah terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kementerian Sosial
  • Pelanggan bisnis dan industri daya 450 VA yang akan diberikan diskon 100 persen tagihan listrik

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait