4 Minuman Bantu Pemulihan Pasien DBD - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
4 Minuman Bantu Pemulihan Pasien DBD
Ilustrasi nyamuk DBD (Foto: Pixabay.com)
BERITA Kanal Artikel

4 Minuman Bantu Pemulihan Pasien DBD

Satukanal.com, Nasional – Infeksi virus dengue menjadi salah satu masalah kesehatan global. Di mana dalam tiga dekade terakhir ini mengalami peningkatan angka kejadian penyakit tersebut di berbagai negara termasuk Indonesia.

Infeksi virus dengue menyebabkan penyakit dengan spektrum luas, di antaranya demam dengue (DD), demam berdarah dengue (DBD), dan sindrome syok dengue (SSD). Kasus terbanyak yang ditemukan adalah kasus DBD.

Penyakit DBD dapat menyerang siapa pun mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Untuk itu tetap waspada menjaga kebersihan dan sistem imun tubuh. Namun jika sudah terserang DBD, apa saja minuman yang dianjurkan bantu pemulihan? Simak rekomendasi dari Satukanal.com berikut ini.

Baca Juga :  Soal PTM, Ini 9 Rekomendasi IDAI Agar Anak Tetap Aman Saat Pandemi

1. Jus jeruk

Vitamin C bekerja sangat baik dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Makan buah jeruk atau minum jus jeruk akan membantu memperkuat kekebalan tubuh dan membuatmu tetap terhidrasi.

2. Jus jambu biji

Jus jambu biji kerap menjadi pilihan minuman untuk pasien DBD. t Jambu biji diyakini mempercepat pembentukan trombosit darah baru, membantu menghentikan pertumbuhan virus.

Selain itu kandungan vitamin C yang tinggi juga akan menjadi sumber kalsium dan mineral untuk tubuh dan meningkatkan kesehatan. Meski belum ada bukti kuat bisa mengatasi DBD, tapi sejauh masih aman, jus jambu biji dapat dikonsumsi sebagai minuman untuk pasien DBD.

Baca Juga :  Jembatan Kaca Seruni Point Bromo, Jadi Jembatan Kaca Terpanjang di RI

3. Susu

Pasien DBD juga dapat menggunakan susu apapun, bahkan WHO sangat menganjurkan penggunaan susu bagi pasien DBD. Namun, dr Sam menyarankan untuk menghindari susu cokelat karena jika pasien DBD muntah, ini dapat mengaburkan diagnosis dokter terhadap kecurigaan perdarahan saluran cerna.

4. Air kelapa

Minuman untuk pasien DBD lainnya adalah air kelapa. Minum air kelapa saat DBD dianjurkan untuk menghindari dehidrasi. Minuman ini memberi nutrisi pada tubuh pasien dan membuat tubuh terhidrasi. Pasien bisa minum hingga dua gelas air kelapa dalam sehari. Air kelapa adalah minuman sehat yang bisa di minum secara teratur.

 

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait