4 Mahasiswa UNAIR Sabet Medali Perak Angkat Choipan di KMI 2020 | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
4 Mahasiswa UNAIR Sabet Medali Perak Angkat Choipan di KMI 2020
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

4 Mahasiswa UNAIR Sabet Medali Perak Angkat Choipan di KMI 2020

SATUKANAL.com, SURABAYAUniversitas Airlangga kembali meraih medali perak pada ajang Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) tahun 2020 yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Medali Perak tersebut di raih oleh tim Choipan Surabaya, yang merupakan mahasiswa bimbingan dari Dr. Tri Siwi Agustina S.E., M.Si. keempat tim Choipan Surabaya tersebut adalah Amedea Cristabel L, Dian Pramitha Utami, Aulia Dwi Ramadhanti, dan Vio Nanda Kartika.

Dikutip dari akun resmi UNAIR, Amedea Cristabel L selaku Ketua tim Choipan menyampaikan bahwa, tim Choipan Surabaya pada KMI tahun 2020 mengangkat tema “how to bring authenticity in expanding your business”.

Pada gelaran KIM 2020 ini, Perolehan medali perak tim Choipan Surabaya merupakan suatu proses yang memakan waktu lumayan panjang. Yang mana, Setelah lolos penyisihan, timnya menggarap script untuk persiapan pada kegiatan workshop.

Baca Juga :  3 Mahasiswa UNY Ciptakan Sosis Kaya Serat Dari Olahan Tempe&Jamur Tiram

”Workshop ini layaknya pameran seperti biasa. Bedanya, diadakan secara virtual melalui laman Hopin karena pandemi. Sebelumnya, tim diseleksi dengan membuat video 45 detik. Isinya penjelasan tentang workshop apa yang mau dibawakan tim,” Ujarnya dalam akun resmi UNAIR.

Pengambilan tema mengangkat tema “how to bring authenticity in expanding your business” tim Choipan, Dea, Dian, Aulia serta Vio menginginkan agar nantinya makanan khas asli dari Kalimantan Barat dapat terus dilestarikan dan dapat dikenalkan di berbagai wilayah khususnya Surabaya.

Tujuan lain dari pengambilan tema tersebut, karena tim Choipan ingin menghadirkan eksistensi dari Choipan dan memperkenalkan Choipan kepada masyarakat luas khususnya di wilayah Surabaya.

“Yang ahli dalam memasak Choipan saat ini masih terbilang jarang. Kalaupun ada, rata-rata mereka sudah menginjak umur lansia, sayang gitu kalau makanan legendaris seperti Choipan punah. Tidak ada yang meneruskan kelestariannya” Ujar Ketua Tim Choipan.

Baca Juga :  9 Prodi Baru Universitas Indonesia Tahun 2021, Ini Info, Jadwal dan Cara Daftarnya

Dea juga menyampaikan bahwa, Tim Choipan berencana mengekspansi Choipan dalam bentuk kedai dan outlet pada tahun 2021 mendatang, yakni dengan membuka kedai kecil yang berlokasi di Jalan Citra Seruni No 81 Sidoarjo dan salah satu mall berlokasi di Surabaya.

Dea selaku Ketua Tim Choipan berpesan agar, para mahasiswa tidak takut untuk memulai suatu ide usaha. Terlebih jika masih kuliah di UNAIR, akan bertemu dengan orang yang selalu memberikan dukungan. Salah satunya bisa berkonsultasi ke beberapa dosen maupun DPKKA UNAIR serta banyak fasilitas penunjang yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung usaha milik mahasiswa.

 

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait