4 Lokasi Wisata Mulai Dibuka, Wawali Batu: Masih terpantau sepi pengunjung - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
4 Lokasi Wisata Mulai Dibuka, Wawali Batu: Masih terpantau sepi pengunjung
Ilustrasi wisata di Kota Batu (Foto: Bayu/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

4 Lokasi Wisata Mulai Dibuka, Wawali Batu: Masih terpantau sepi pengunjung

Satukanal.com, Batu – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2, 3, dan 4 kembali diperpanjang. Seperti diketahui PPKM telah diperpanjang selama 14 hari, terhitung mulai 5-18 Oktober 2021.

Sementara, perpanjangan PPKM ini tentunya memberikan dampak di berbagai sektor, salah satunya pada pendapatan asli daerah (PAD) Pemerintah Kota (Pemkot) Batu.

Diketahui, sejak pemberlakuan PPKM ini, PAD Kota Batu mengalami penurunan. Utamanya dari sektor pajak daerah dengan target Rp 149 miliar, yang baru terealisasi sekitar 50 persen. Padahal Pemkot Batu akan tutup buku APBD 2021 dua bulan lagi.

Melansir dari laman radar, Punjul Santoso selaku Wakil Wali Kota Batu menjelaskan bahwa, kini Kota Batu telah turun pada level 3. Namun, meskipun telah turun level, Punjul mengatakan lokasi wisata di Kota Batu masih terpantau sepi pengunjung. “Ramainya wisatawan belum signifikan berdampak positif terhadap pendapatan daerah,” terangnya.

Baca Juga :  Tahun 2022, Pemkot Batu Targetkan Tiap Desa Punya Satu Perpustakaan
Punjul Santoso selaku Wakil Wali Kota Batu

Sepinya wisatawan juga disebabkan oleh tempat wisata yang belum dibuka semuanya. Ini karena kebijakan dari pemerintah pusat baru ada empat tempat wisata yang diperbolehkan uji coba, di antaranya:

  1. Museum Angkut,
  2. Jatim Park 2,
  3. Batu Night Spectacular (BNS),
  4. Taman Rekreasi Selecta.

Punjul mengatakan bahwa target pajak hiburan atau tempat wisata besarannya sekitar Rp 30,7 miliar, tetapi kini baru terealisasi Rp 5,4 miliar. Dibukanya beberapa lokasi wisata saat PPKM Level 3 juga masih memberlakukan pembatasan.

Kabar terbaru, puluhan ribu wisatawan mengalami penolakan untuk berwisata ke destinasi yang ada di Kota Batu. Penolakan tersebut lantaran masih banyaknya ribuan wisatawan yang belum mengikuti vaksinasi Covid-19.

Selain itu, pada aturan PPKM Level 3 ini, anak-anak yang usianya masih di bawah 12 tahun tidak diperkenankan untuk masuk lokasi wisata. Sujud Hariadi selaku Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Batu menyampaikan, pada dua pekan tercatat kurang lebih 20 ribu wisatawan yang harus ditolak masuk ke lokasi wisata, di antarannya:

  • 9.980 wisatawan yang ditolak masuk Secret Zoo
  • 6000 wisatawan yang ditolak masuk Taman Rekreasi Selecta karena belum vaksinasi
  • 1.960 wisatawan yang ditolak masuk Taman Rekreasi Selecta karena masih anak-anak
  • 3000 wisatawan yang ditolak masuk Baloga dan BNS.
Baca Juga :  Uji Coba New Normal, Penumpang Kereta Api di Stasiun Blitar Mulai Meningkat

Pemkot Batu juga sudah mengajukan untuk semua tempat wisata yang siap dapat diujicobakan buka, sehingga pembukaan lokasi wisata tersebut dapat berdampak positif terhadap para pengelola tempat wisata.

 

 

Pewarta : Viska
Editor : Adinda

Kanal Terkait