4 Jurusan dengan Biaya Kuliah Termahal, Berminat? - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
4 Jurusan dengan Biaya Kuliah Termahal, Berminat?
Ilustrasi pembelajaran di sebuah perguruan tinggi (Foto: Pixabay.com)
BERITA Kanal Artikel

4 Jurusan dengan Biaya Kuliah Termahal, Berminat?

Satukanal.com, Nasional – Biaya menjadi salah satu pertimbangan penting dalam memilih jurusan kuliah. Biasanya biaya kuliah mencakup beberapa pembagian seperti Uang Kuliah Tunggal (UKT), uang gedung, praktikum, SKS, registrasi ulang, dan biaya lainnya.

Perlu diketahui bahwa penentuan biaya pendidikan tinggi dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah biaya operasional seluruh rangkaian kegiatan dan kegiatan kemahasiswaan lainnya selama perkuliahan.

Apabila jurusan kuliah dengan persyaratan operasional yang banyak biasanya berdampak pada tingginya biaya pendidikan. Selain itu, adanya berbagai fasilitas kampus dan kuatnya minat mahasiswa yang ingin mendaftar juga memicu tingginya biaya pendidikan.

Selain Kedokteran, masih ada jurusan yang dikenal dengan jurusan elite karena biaya studinya yang tergolong mahal. Ingin tau jurusan apa saja? Simak ulasan dari Satukanal.com dibawah ini.

1. Kedokteran

Fakultas Kedokteran, memang menjadi salah satu jurusan dengan biaya termahal di Indonesia. Mahalnya biaya kuliah kedokteran bukan hanya karena banyak orang yang berminat mempelajari mata kuliah tersebut, tetapi juga karena biaya operasional pendidikan kedokteran yang tinggi.

Baca Juga :  Daftar UMK Jatim Tahun 2022, Surabaya Tertinggi

Tak hanya biaya kuliah, mahasiswa juga akan membayar biaya tambahan untuk kegiatan lain yang menunjang kegiatan pembelajaran, seperti:

  • Kegiatan praktikum intensif,
  • Buku,
  • Bahan referensi tambahan.

2. Kedokteran Gigi

Hampir sama seperti Jurusan Kedokteran, untuk bisa diterima di Jurusan Kedokteran Gigi, kamu perlu melakukan usaha ekstra. Apalagi jika kampus yang kamu tuju terkenal dengan kualitas Jurusan Kedokteran Gigi yang akreditasinya bagus.

Selain perlu membayar uang masuk, kamu juga perlu membayar biaya kuliah per semester dan uang lainnya. Nantinya, biaya kuliah akan menjadi lebih banyak ketika kamu sudah banyak bekerja praktik. Untuk mendapatkan pasien ketika koas, terkadang mahasiswa kedokteran gigi mengorbankan banyak biaya.

3. Fashion Design

Jurusan ini memang sangat digandrungi. Sebab, dunia fashion berkembang dari masa ke masa dan Indonesia terus bersaing dalam perkembangan fashion dunia. Hal ini terlihat dari banyaknya desainer Indonesia yang sudah terkenal di kancah internasional.

Namun, untuk kuliah di jurusan ini, kamu perlu menyiapkan dana yang tidak sedikit. Biaya kuliah yang tinggi dari Jurusan Desain Fashion dikarenakan tingginya gaji para staf pengajar di lapangan dan kemudian selama di universitas kamu juga dikenakan biaya tambahan untuk pembelian bahan-bahan praktek.

Baca Juga :  Ingin Cairkan Dana Pensiun BPJS Ketenagakerjaan? Simak Cara dan Syaratnya

4. Penerbangan

Seorang pilot memiliki prospek karier yang menjanjikan, bahkan penghasilannya bisa mencapai puluhan juta rupiah setiap bulan. Namun, siapa sangka ternyata Jurusan Penerabangan atau Aviasi membutuhkan biaya kuliah yang tidak kalah fantastis.

Untuk bisa diterima di jurusan ini, terkadang calon mahasiswa harus mengeluarkan uang ratusan juta hingga milyaran rupiah. Belum lagi biaya kuliah yang perlu dikeluarkan setiap semester dan biaya lainnya. Biaya kuliah di Jurusan Penerbangan memang sangat tinggi.

Namun, hal tersebut sebanding dengan fasilitas yang didapatkan selama studi. Selain mempelajari berbagai teori terkait penerbangan, kamu juga akan dilatih menerbangkan pesawat melalui simulasi. Nantinya, akan ada sertifikasi agar bisa menjadi seorang pilot.

 

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait