4 Cara Mudah Agar Anak Terhindar dari Kuman Penyakit | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA STRAIGHT NEWS

4 Cara Mudah Agar Anak Terhindar dari Kuman Penyakit

Kondisi balita yang cukup aktif dan ingin tahu segala hal terkadang membuat para orang tua khawatir. Pasalnya, apa saja yang balita lihat seakan ingin dipegang tanpa tahu apakah barang tersebut higienis atau tidak.

Bahkan, banyak juga dari orang tua yang masih sangat protektif jika anaknya bermain kotor-kotoran. Sikap protektif itu dilakukan karena tempat kotor sangat banyak mengandung bakteri, virus, penyebab penyakit yang mengintai anak-anak.

Tapi, hal semacam itu malah akan sangat menyulitkan perkembangan si kecil. Nah, orang tua sebetulnya tidak perlu berlebihan dalam memberikan izin bagi aktivitas si anak. Ada beberapa hal yang bisa diterapkan untuk mencegah serangan penyakit, apa saja?

1. Pantau Status Imunisasi Anak

Kebanyakan orang tua masih menyepelekan imunisasi. Padahal, imunisasi itu penting dan sudah terbukti bisa mencegah si kecil dari berbagai penyakit infeksi. Tentu saja, jika jadwal imunisasi anak tak diperhatikan, maka akan mudah sekali terkena penyakit.

“Kita dan para orang tua harus tahu mengenai status imunisasi anaknya,” jelas Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Malang, dr Husnul Muarif.

2. Pastikan Anak Ikut BIAS

Ada banyak jenis imunisasi yang harus dilakukan oleh anak, sejak bayi hingga usia sekolah. Masing-masing imunisasi punya jadwalnya sendiri dan tak boleh dilewatkan. Jadi, pastikan kalau para orang tua selalu membawa si kecil ke fasilitas kesehatan untuk diimunisasi, sesuai dengan jadwalnya dan ikutkan dalam Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS).

“Nah, ini juga harus menjadi perhatian. Saat masa sekolah, si anak ikut BIAS tidak. Ini menjadi penunjang pencegahan infeksi bakteri kepada anak-anak. Orang tua harus memperhatikan itu,” imbuhnya.

3. Perhatikan Asupan Gizi Anak

Penting bagi orang tua untuk memahami kebutuhan gizi seimbang anak. Nah, salah satu hal agar dapat terus memantau kecukupan gizi anak yakni dengan rutin membawa ke Posyandu sesuai jadwal vaksinasi. Karena, nanti akan dilakukan pengecekan kondisi tubuh, pengukuran badan, penimbangan, hingga makanan yang baik dikonsumsi balita, dan lainnya.

“Kekebalan tubuh anak juga harus diimbangi dengan asupan gizi yang cukup. Karena makanan yang sehat akan memperkebal sistem imun anak,” jelasnya.

4. Perhatikan Kebersihan Lingkungan

Menjaga tubuh si kecil untuk tetap bersih menjadi langkah penting untuk menghindari penyakit atau penyebaran bakteri. Nah, salah satu cara yang paling simpel, yaitu membiasakan anak untuk mencuci tangan pakai sabun.

Langkah ini sangat efektif, sebab tangan salah satu bagian tubuh yang paling banyak terpapar kuman dan menyebarkan kuman ke bagian tubuh lain, seperti mulut dan mata. Jika anak-anak dapat menjaga tangannya tetap bersih, maka akan menekan risiko terkena penyakit.

“Keluarga dan lingkungan harus diperbaiki, kalau kondisinya bersih maka kondisi anak akan tetap sehat dan kebal penyakit,” tandasnya.

Kanal Terkait