4-7-8 Teknik Pernapasan Ampuh Atasi Insomnia di Malam Hari - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
4-7-8 Teknik Pernapasan Ampuh Atasi Insomnia di Malam Hari
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

4-7-8 Teknik Pernapasan Ampuh Atasi Insomnia di Malam Hari

Satukanal.com, Nasional – Insomnia atau kesulitan tidur pada malam hari dapat menjadi masalah bagi siapa saja. Namun, mengetahui teknik pernapasan 4-7-8 bisa menjadi salah satu cara untuk atasi permasalahan tersebut.

Beberapa penelitian menjelaskan, penyebab dari insomnia sendiri beragam, ada yang disebabkan oleh makanan, ada juga saat kondisi seseorang sedang banyak pikiran.

Beberapa dampak buruk ketika seseorang sering insomnia dapat menyebabkan beberapa kondisi salah satunya adalah menurunya tingkat konsentrasi pada tubuh.

Dikutip dari laman Medicaldaily, terdapat 40 juta orang yang menderita gangguan tidur kronis setiap tahunnya, serta ada 20 juta orang yang sesekali mengalami masalah tidur. Sedangkan di Indonesia sendiri, permasalahan insomnia juga banyak dirasakan kebanyakan orang.

Sebagian dari anda yang mengalami insomnia, mungkin sudah mencoba banyak hal untuk mengatasi masalah tersebut, mulai dari menghangatkan ruangan, meredupkan lampu, hingga mengonsumsi obat tidur.

Apabila insomnia anda masih belum dapat teratasi, mungkin mengatur napas bisa membantu untuk mempercepat datangnya kantuk. Salah satunya dengan melakukan teknik pernapasan 4-7-8.

Salah satu teknik pernapasan yang dikenalkan oleh Dr Andrew Weill dari Arizona, sebenarnya terinspirasi dari olahraga yoga. Sebab praktik dari pernapasan 4-7-8 benar-benar sederhana, tak memakan waktu, tidak memerlukan peralatan, dan dapat dilakukan di mana saja.

Baca Juga :  Tak Perlu Khawatir, Daya Tampung ITS Sebanyak 1324 tersedia di SNMPTN 2021

Teknik pernapasan ini dapat membantu seseorang untuk mendapatkan kendali pernapasan agar tubuh menjadi rileks dan lebih tenang. Apabila teknik ini dilakukan seacara konsisten dan benar, maka teknik ini akan membuat masalah insomnia anda teratasi.

Bagi anda yang akan menerapkan teknik pernapasan ini, hal utama yang harus dilakukan adalah fokus mengambil napas panjang dan dalam. Teknik pernapasan ini bekerja dengan cara mengatur keluar masuknya oksigen dari dalam paru-paru.

Jika kondisi tubuh rileks, maka peredaran oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh akan menjadi lebih lancar. Sehingga, dapat membuat detak jantung menjadi lebih stabil. Apabila kondisi detak jantung stabil, maka sistem saraf ditubuh akan menjadi lebih tenang.

Jika kamu rileks, peredaran oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan tubuh akan lebih lancar. Dengan begini, tubuh akan memiliki keseimbangan cukup yang dapat membuat detak jantung jadi lebih stabil. Nah, kalau detak jantung stabil sistem saraf pun akan lebih tenang, sehingga kamu bisa mudah tertidur dengan lelap.

Teknik pernapasan 4-7-8 ini sangat sederhana, nggak memakan banyak waktu, dan hanya butuh lima langkah untuk melakukannya. Tata cara teknik pernapasan ini dilakukan dengan posisi duduk atau dengan posisi tubuh tertidur.

Baca Juga :  Disebut Melanggar Hukum, TikTok Cash Resmi Diblokir Kominfo

Selanjutnya, anda harus meletakkan ujung lidah pada atap mulut, tepat di area gusi di atas gigi. Setelah melakukan hal tersebut, cobalah untuk menghembuskan nafas melalui mulut hingga terdengar suara mendesing.

Langkah selanjutnya, Tutup mulut dan tarik napas lembut melalui hidung dalam hitungan empat detik. Lalu, tahan napas selama tujuh hitungan. Kemudian, buang napas melului mulut dalam satu napas, buat suara mendesing, kali ini selama delapan detik dan ulangi teknik tersebut sebanyak tiga kali.

Proses menahan napas ini mampu membantu peredaran oksigen ke seluruh tubuh yang sebelumnya ada di paru-paru. Hal inilah yang bisa menghasilkan proses relaksasi dalam tubuh.

Agar teknik ini berhasil untuk mengatasi insomnia anda. Teknik ini perlu diterapkan secara rutin selama dua kali sehari dalam jangka waktu dua bulan.

Dr. Michelle E. Gordon menjelaskan bahwa, cara ini sangatlah ampuh untuk membuat tubuh lebih rileks. Cara mengatasi insomnia dengan teknik pernapasan 4-7-8 ini juga mirip dengan meditasi yang membuat pikiran beristirahat dan akhirnya membuat tubuh mengantuk.

 

 

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait