372.160 Dosis Vaksin Telah Disuntikkan di Kota Malang - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Masyarakat Jombang Sambut Baik Program Vaksinasi Door To Door
Proses Vaksinasi Masyarakat (Foto: Anggit Puji/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

372.160 Dosis Vaksin Telah Disuntikkan di Kota Malang

Satukanal.com, Malang – Hingga saat ini Pemerintah Kota Malang telah menyuntikkan vaksin untuk masyarakat sebanyak 372.160 dosis. Jumlah tersebut merupakan hasil dari gelombang pertama dan kedua.

“Jumlah tersebut sudah mencapai 56.8 persen dari jumlah kelompok sasaran sudah mendapat vaksinasi minimal dosis 1,” jelas Walikota Malang, Selasa (27/7/2021).

Menurut Sutiaji, percepatan vaksinasi tentunya menjadi hal yang paling digalakkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Malang.

“Dalam rangka mengurangi resiko kasus covid-19 sedang hingga berat dan melandaikan jumlah penambahan pasien terkonfirmasi positif, saya rasa perlu adanya percepatan,” ungkapnya.

Pemkot Malang terus berupaya mengajukan tambahan dosis vaksin. Untuk target jumlah kelompok sasaran untuk mencapai herd imunnity di Kota Malang adalah 70 persen, yaitu 654.692 warga tervaksin. Hingga saat ini jumlah vaksin yang diterima sebanyak 580.467 dosis.

Baca Juga :  September 2021, Siswa SMP dan SMA Kota Malang Ditargetkan Tuntas Divaksin

Alumnus IAIN Malang itu menegaskan bahwa pihaknya tak hanya melihat orang kota Malang saja. Namun siapapun yang ada di Kota Malang bisa menerima vaksin.

“Dan ini masih kurang dari jumlah yang seharusnya. Karena jumlah yang kita vaksin bukan hanya warga Kota Malang. Jumlah penduduk Kota Malang kalau ditambah dengan mahasiswa itu lebih dari 1,4 juta,” urainya.

Maka dari itu, pihaknya terus menekankan penguatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan (PPKM) Mikro. Dimana ketangguhan kesehatan dalam hal vaksinasi perlu diperkuat agar partisipasi Rt/Rw dalam pemetaan sasaran vaksinasi bisa maksimal.

Baca Juga :  Plester Alami dari Binahong, Inovasi Mahasiswa UB Percepat Penyembuhan Sariawan

“Saya harap ada data di Rw untuk mengetahui berapa orang yang sudah divaksin. Karena ini adalah tindakan preventif kita dalam menguatkan herd immunity,” tutur Sutiaji.

Lebih lanjut, vaksinasi juga harus memanfaatkan Fasilitas Layanan Kesehatan (Fasyankes) di lingkugan tersebut. Gina mengurangi potensi kerumunan karena basisnya jelas.

“Insyaallah ini sudah kita lakukan. Karena Kota Malang punya 96 Fasyankes dan 550 vaksinator,” pungkas Sutiaji.

 

 

Pewarta : Chosa Setya Ayu Widodo
Editor: Ubaidhillah 

    Kanal Terkait