30 Pemuda se-Jatim Ikuti Sekolah Anti Korupsi di Malang - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
30 pemuda ditempa untuk memberantas korupsi di Jawa Timur/foto: Humas Pemkot Malang
BERITA

30 Pemuda se-Jatim Ikuti Sekolah Anti Korupsi di Malang

satukanal.com, Malang –  Direktorat Pembinaan Peran Serta Masyarakat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar program Sekolah Intensif Pemuda dan LSM Anti Korupsi 2021 pada  1-3 Oktober 2021 di Ibis Styles Malang Hotel.

Peserta Sekolah Intensif Pemuda dan LSM Anti Korupsi 2021 sebanyak 30 orang dari wilayah Jawa Timur. Para peserta terpilih merupakan hasil seleksi dari 410 pendaftar. Sebelum mengikuti kegiatan, 30 peserta ini sudah dinyatakan negatif tes swabnya.

Direktur Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK Brigjen Kumbul Kuswidjanto Sudjadi menyampaikan peserta terpilih diharapkan  mampu mendorong, melawan dan melaporkan apabila terjadi tindak pidana korupsi terutama di Jawa Timur. “Di pundak rekan-rekan inilah, pengawasan Jawa Timur kami serahkan, kami tunggu laporannya setelah Bimtek ini. Kami tunggu action-nya,” kata Kumbul.

Baca Juga :  IndiHome Ganguan, Ada Kompensasi dari Telkom untuk Pelanggan

Kegiatan Bimtek, lanjut dia,  menghadirkan beberapa pakar  terkait titik rawan terjadinya korupsi. Peserta juga  juga akan dididik bagaimana melakukan investigasi dan mengumpulkan bukti sehingga laporan-laporan tersebut berkualitas.

Turut hadir dalam pembukaan ini Walikota Malang Drs. H. Sutiaji, Dandim 0833 Kota Malang Letkol Arm Ferdian Primadhona dan Kepala Bakesbangpol Kota Malang Dra. Rinawati, MM.

Sutiaji menyampaikan apresiasinya atas antusiasme para peserta sekolah anti korupsi. “Hari ini kita kumpul para pemuda pegiat semua, baik LSM maupun pemuda semua untuk bersama-sama membangun bangsa kita kedepan lebih tergaransi oleh para aparat yang mempunyai nilai-nilai dan komitmen dalam membangun bangsa dan negaranya” ujar pria yang akrab disapa Sam Sutiaji ini.

Baca Juga :  Vaksinasi Covid-19 di Jombang Sasar Tunawisma

Sam Sutiaji mengatakan, aparatur negara diminta amanah untuk menyampaikan kepada yang berhak yakni rakyat. Dia meminta peserta sekolah anti korupsi menjalankan amanah yang diberikan. “Adik-adik semua adalah pemuda harapan bangsa dan semoga apa yang sudah kita cita-citakan semua dan sudah diprediksi oleh analis dunia Indonesia akan menjadi mercusuar di tahun 2050 menjadi 4 negara besar berpengaruh dan semoga itu benar terjadi,” tambah Sam Sutiaji. (EM/DS)

Kanal Terkait