30.000 Dosis Vaksin untuk Kejar 70 Persen Herd Imunity Warga Kota Malang - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Vaksinasi masal di Kota Malang (Foto: Chosa Ayu/Satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

30.000 Dosis Vaksin untuk Kejar 70 Persen Herd Imunity Warga Kota Malang

Satukanal.com, Malang –  Sebagai salah satu upaya untuk melakukan percepatan vaksinasi warganya, Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Malang menggandeng TNI AL Koarmada II Malang dalam pelaksanaan Serbuan Vaksin Kota Malang, Sabtu (7/8/2021). Berlokasi di Stadion Gajayana Kota Malang, vaksinasi massal ini bakal berlangsung selama dua hari, hingga besok (8/8/2021).

Panglima Koarmada II, Laksda TNI Dr Iwan Isnurwanto, S H M A P M Tr (Han) mengungkapkan melalui vaksinasi massal ini diharapkan Koarmada II mampu membantu dalam pemenuhan target 70 persen Herd Imunity bagi warga Kota Malang. Ketiga puluh dosis vaksin tersebut akan dibagi selama 2 hari. Dengan rincian 20.000 dosis untuk pendaftaran online dan 10.000 untuk peserta vaksin yang datang langsung ke lokasi.

“Untuk persiapannya sendiri kurang lebih 2 minggu. Kami siapkan ada 620 petugas. Dimana mereka sudah dibagi tugasnya masing-masing mulai dari screning, vaksinator hingga petugas untuk piket jaga,” ujar Iwan kepada awak media

Sementara itu serbuan vaksinasi yang selama ini dilaksanakan oleh TNI Angkatan Laut melalui Koarmada II, telah memvaksin masyarakat maritim di pesisir dan beberapa pulau yang memiliki keterbatasan akses jalur darat. Sehingga untuk menuju ke pulau-pulau tersebut, Koarmada II mengerahkan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI).

Sebagai wujud totalitas dan optimalisasi membantu percepatan penanganan Covid-19, TNI AL melalui Koarmada II tidak hanya fokus pada serbuan vaksinasi. Guna mengatasi krisis oksigen yang dialami masyarakat, saat ini juga telah beroperasi depo pengisian ulang oksigen yang bersumber dari dua kapal bantu rumah sakit milik TNI AL yakni KRI dr. Soeharso-990 dan KRI Semarang-594.

Dalam kegiatan tersebut, juga turut dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta, Walikota Malang, Sutiaji dan juga beberapa petinggi lainnya

Dari pantauan lapangan, sejak pukul 8 pagi masyarakat sudah mulai memadati lokasi vaksin. Bahkan Walikota Malang Sutiaji sempat ketar ketir pelaksanaan vaksin bakal berlangsung crowded. Namun nyatanya hal itu hanya isapan jempol semata. Terpantau hingga pukul 12 siang, masyarakat tetap tertib mengikuti alur yang telah disiapkan pihak Koarmada II.

“Tadi jam 10 saya cek takutnya crowded, tapi ternyata tidak. Hal ini karena antusiasme masyarakat pada Serbuan Vaksin ini cukup tinggi. Saat dibuka pendaftaran secara online, hari pertama dibuka pukul 7 sampe 14.30 sudah ludes,” terang Sutiaji.

Sebagai informasi, terhitung hingga pukul 12.30 jumlah dosis vaksin yang tersalurkan sudah sebanyak 7.543 dosis. Bagi masyarakat yang belum berkesempatan untuk melakukan pendaftaran Serbuan Vaksin secara online, bisa langsung daftar di tempat. Bagi lansia serta Difabel tidak perlu khawatir, pasalnya pihak penyelenggara telah menyiapkan jalur khusus.

Pewarta: Chosa Setya Ayu Widodo
Editor: Ubaidhillah

    Kanal Terkait