3 Manfaat Tanaman Lidah Mertua Yang Populer - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
3 Manfaat Tanaman Lidah Mertua Yang Populer uk Kesehatan
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

3 Manfaat Tanaman Lidah Mertua Yang Populer

SATUKANAL.com, NASIONAL– Sansevieria atau lidah mertua menjadi tanaman hias yang populer di kalangan pencinta tanaman. Banyak orang menjadikan tanaman lidah mertua sebagai pilihan untuk mempercantik rumah, lantaran perawatannya yang mudah.

Selain itu, lidah mertu ajuga dikenal sebagai tanaman yang tangguh, kuatdan dapat bertahan hidup di lingkungan yang relatif kering baik itu di dalam maupun di luar ruangan. Tak jarang, para pengemar tanamna juga menggunakan untuk mendekorasi sudut ruangan di rumahnya.

Meskipun demikian, lidah mertua nyatanya juga mempunyai banyak manfaat selain sebagi hiasan rumah. Berikut manfaat tanaman lidah mertua yang perlu diketahui:

  1. Menghilangkan polutan beracun

Lidah mertua memiliki kemampuan untuk menghilangkan polutan udara beracun. Meskipun efeknya cukup kecil, namun lidha mertua dapat menyerap polutan penyebab kanker seperti CO2, benzene, formaldehyde, xylene dan toluene. Kemmapuan tersebut dapat membuatnya berperan sebagai pelindung yang cukup efektif terhadap alergi udara.

  1. Penyaring udara ruangan
Baca Juga :  Kemdikbud: Dosen, Guru dan Tenaga Kependidikan akan Diberikan Vaksin Covid-19 Mulai 24 Februari

Melansir dari Healthline, lidah mertua dapat membantu menyaring udara dalam ruangan. Kemampuannya yang cukup unik ini yaitu dapat mengubah karbondioksda (CO2) menjadi oksgen di malam hari. Hal tersebut membuatnya dapat membantu untuk mengatur aliran udara yang sehat di suatu ruangan.

  1. Penghasil oksigen

Sebuah penelitian dari Harvard University Extension menemukan bahwa lidah mertua merupakan salah satu tanaman hias yang banyak menghasilkan oksigen selain ficus dan pothos.

 

Manfaat yang di dapat dari tanaman lidah mertua tentunya harus diikuti dengan perawatan yang baik. Walalaupun, tanaman ini terbilang mudah dalam perawatannya. Namun terdapat ebberapahal yang penting untuk diperhatikan apabila anda memiliki tanaman lidah mertua. Berikut ulasan mengenai hal-hal yang peru diperhatikan saat merawat tanaman ini:

  1. Biarkan terkena sinar matahari
Baca Juga :  Materai Rp 10.000 Rilis. Ini Ketentuan Penggunaannya

Sinar matahari yang cukup apat membanu tanaman ini tumbuh dengan baik. Meski tanaman ini masih bisa tumbuh di sudutruangan yang gelap namun, apabila tidak mendapatkan cahaya sama sekali maka daun lidah mertua akan terkulai dan kusam. Sehingga bisa mati.

  1. Jangan menyiram terlalu banyak (overwater)

Kelebihan air pada tanaman ini dapat menyeabkannya menjadi busuk. Untuk mengindarinya, tempatkan lidah mertua pada pot yang kering dan lakukan penyiraman apabila tanaman ini sudah benar-benar kering.

  1. Gunakan pupuk slow release

Penggunaan pupuk pada lidah mertua sesekali memang diperlukan untuk menjaga tanaman ini tetap subur.

  1. Gunakan media tanam cocok

Media tanam yang cocok adalah media tanam yang porous yaitu sekam bakar, pasir malang dan pakis. Namun lidah mertua juga bisa ditanam di tanah asalkan tidak terlalu lembap.

Kanal Terkait