3 Mahasiswa UNY Ciptakan Sosis Kaya Serat Dari Olahan Tempe&Jamur Tiram | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
3 Mahasiswa UNY Ciptakan Sosis Kaya Serat Dari Olahan Tempe&Jamur Tiram
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

3 Mahasiswa UNY Ciptakan Sosis Kaya Serat Dari Olahan Tempe&Jamur Tiram

SATUKANAL.com, NASIONAL – Tempe merupakan suatu produk hasil fermentasi yang memiliki kecernaan nutrisi yang tinggi. Di tangan mahasiswa (UNY) Universitas Negeri Yogyakata , tempe bisa dijadikan olahan lain yang menarik salah satunya menjadi sosis.

Sebanyak 50 persen dari konsumsi kedelai di Indonesia dilakukan dalam bentuk tempe. Pengolahan tempe menjadi produk yang bergengsi di masyarakat sangatlah kurang.

Dilansir pada laman UNY, produk olahan tempe dapat dikreasikan menjadi salah satu olahan makanan yang menarik seperti dijadikan sosis. Sosis juga merupakan salah satu makanan yang banyak digemari oleh berbagai kalangan masyarakat dan keberadaanya cukup populer.

Baca Juga :  Terkini! BMKG Sebut Gempa Bumi 7 Januari 2021 di Baratdaya Bone Bolango Tidak Berpotensi Tsunami

Bahan baku utama dari sosis umumnya dari daging ayam maupun sapi. Padahal pada olahan daging, memiliki kandungan serat yang rendah. Sehingga, mahasiswa Fakultas MIPA UNY tersebut berinofasi untuk membuat olahan sosis menggunakan bahan dasar dari tempe dan ditambahkan jamur tiram.

Tiga mahasiswa tersebut bernama Lutfiah Nur Hidayah prodi Biologi, Yuliari Suprihatin prodi Kimia dan Ahmad Hidayatullah prodi Pendidikan Biologi.

Lutfian Nur Hidayah mengatakan bahwa, membuat olahan sosis dari tempe dikarenakan sumber protein tertinggi terdapat pada kedelai. Kedelai memiliki kandungan protein sebanyak 34,1-34,3 gram, sedangkan daging ayam 14,5-23,4 gram, dan daging 13,6-21,8 gram.

Baca Juga :  Menengok Belanda Dan Caranya Hadapi Banjir

Ditambahkannya jamur tiram ke dalam sosis tersebut dapat menghasilkan sosis yang kaya akan serat. Karena dalam setiap 100 gram jamur tiram, terdapat 3.44% serat kasar. Kadar serat yang terkandung dalam jamur tiram tersebut tergolong tinggi.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung serat merupakan hal yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Konsumsi serat juga bertujuan untuk mencegah sembelit, kanker, sakit pada usus besar, menurunkan kadar kolesterol, dan sebagainya.

Yuliari menyampaikan bahwa, ketidakhadiran bahan baku daging dalam pembuatan sosis ini menjadikannya cocok bagi para vegetarian.

 

 

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait