3 Jalur Usulan Pemkab Malang Bakal Jadi Jalan Nasional - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
3 Jalur Usulan Pemkab Malang Bakal Jadi Jalan Nasional
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

3 Jalur Usulan Pemkab Malang Bakal Jadi Jalan Nasional

Satukanal.com, MalangPemerintah Kabupaten Malang akan mengusulkan 3 jalur, naik status menjadi Jalan Provinsi dan Nasional. Usulan 3 jalur tersebut dilakukan agar, sebagian jalan di wilayah Kabupaten Malang menjadi jalan provinsi dan nasional, yakni dengan pertimbangan adanya pembangunan infrastruktur yang begitu pesat di wilayah Kabupaten Malang.

Peningkatan aksesibilitas di sejumlah ruas jalan kecamatan dan kabupaten Malang juga menjadi salah satu program prioritas Bupati Malang, Sanusi. Terkait hal itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) guna meningkatkan status jalan kabupaten menjadi jalan nasional.

Bupati Sanusi menyampaikan, ketiga jalur yang akan naik status menjadi Jalan Nasional antara lain, “mulai dari Gondanglegi sampai Balekambang (Kecamatan Bantur) nanti akan ditingkatkan statusnya menjadi jalan nasional, jadi nyambung sampai ke JLS (jalur lingkar selatan),” Ujarnya.

Pada awalnya, usulan peningkatan status Jalan Nasional tersebut hanya untuk dua ruas jalan. Namun, jalur sirip yang menjadi penghubung antara Kepanjen dengan Malang Selatan tersebut bakal menjadi penghubung antara tol Kepanjen dengan JLS.

Baca Juga :  April 2021, Pendakian Gunung Semeru Dibuka Kembali

”Kami usulkan dua ruas, yang lewat Bantur dan lewat Pagak (untuk dijadikan jalan nasional), tapi yang disetujui yang lewat Bantur dari Gondanglegi,” Ujarnya.

Saat ini keberadaan Jembatan Srigonco sudah dapat dioperasionalkan secara total. ”Hal ini menjadi salah satu keuntungan bagi masyarakat kabupaten. Sebab, aksesibilitas transportasi di sana menjadi lebih mudah. Dengan demikian, pembangunan di wilayah selatan juga akan semakin pesat,” Ungkapnya.

Informasi lain dari Ir Romdhoni selaku Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga (DPUBM) menjelaskan, terpilihnya ketiga jalan tersebut berubah status menjadi jalan nasional dikarenakan beberapa jalan di wilayah kabupaten Malang telah memiliki fungsi yang layak sebagai Jalan Nasional.

Salah satu fungsinya yakni, beberapa jalan dapat menghubungkan antar kota atau memiliki akses menuju daerah lainnya. ”Mulai dari perbatasan Kota Malang yang ada di Pakis sampai dengan Tumpang, kemudian lewat Wajak sampai ke Turen, itu kami yang kami usulkan menjadi jalan nasional. Selain itu, jalur penghubung antara Kecamatan Karangploso menuju Kota Batu via Giripurno itu juga mereka usulkan untuk naik kelas.” Ungkapnya.

Baca Juga :  Gempa Akan Terus Terjadi di Kabupaten Malang

Beberapa ruas jalan yang telah diusulkan untuk berubah status. Hal ini dilakukan agar, nantinya perawatan jalan tersebut dapat diambil alih oleh pemerintah provinsi ataupun pusat. Karena jika hanya mengandalkan pemerintah daerah, anggaran yang digunakan tidak mencukupi. Di Kabupaten Malang sendiri panjang ruas jalan kini mencapai 4 ribu kilometer.

Dengan adanya peningkatan status ruas jalan, tentunya jalan yang kelasnya lebih tinggi juga memeiliki fungsi lebih tinggi. Artinya, dengan fungsi lebih tinggi, maka standar teknisnya juga tinggi, karena biaya pembangunannya pun juga lebih tinggi.

 

 

 

 

 

 

Pewarta : Naviska
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait