279 CPNS Diresmikan Pemkot, Sutiaji: Sebenarnya Masih Kurang - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

279 CPNS Diresmikan Pemkot, Sutiaji: Sebenarnya Masih Kurang

Sebanyak 279 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)Kota Malang  resmi diterima menjadi PNS atau Aparatur Sipil Negara (ASN) dan mengabdi di lingkungan kerjanya mulai hari ini (8/3). Bertempat di Gedung Student Center Pertamina SMKN 2 Malang, pengangkatan CPNS ini diresmikan oleh Wali Kota Malang Sutiaji.

Hal ini sesuai dengan keputusan Wali Kota Malang tanggal 26 Februari 2019 nomor 813.3/27/35.73.403/2019 dan nomor 813.2/28/35/73.402/2019.

Untuk diketahui, CPNS yang diterima dibagi menjadi dua rincian besar. Rincian pertama menurut jabatan, ada tenaga guru berjumlah 237 orang; tenaga kesehatan berjumlah 37; dan tenaga teknis berjumlah 5 orang. Atas capaian para CPNS tersebut, Sutiaji menyampaikan apresiasinya.

“Bapak/Ibu, saudara sekalian adalah orang yang terpilih. Maka jangan sia-siakan kesempatan ini,” ujarnya.

Untuk itu, pria nomor satu se Kota Malang ini berharap kepada CPNS terpilih untuk bekerja dengan semaksimal mungkin. Ia menegaskan pentingnya memaksimalkan skill.

“Maka, skill secara personal itu, kini menjadi milik lembaga juga, bukan milik personal lagi. Intinya mengabdi untuk sama-sama membangun,” tandasnya.

Kendati demikian, Sutiaji yang ditemui usai acara menyatakan bahwa kebutuhan PNS di Kota Malang sebenarnya masih kurang banyak, terlebih pada tenaga guru dan kesehatan.

“Masih banyak kurang. Apalagi pensiunnya guru tahun 2021 sekitar 400 sekian, artinya terus kurang kalau guru,” ungkapnya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Malang Anita Sukmawati menambahkan, sampai tahun 2021, tenaga pensiunan baik guru maupun non-guru mencapai lebih dari 300.

“Kalau sesuai dengan data kami, secara keseluruhan jumlah pensiunan itu mencapai 300 sampai 400-an, baik guru maupun nonguru,” ujarnya.

Anita menjelaskan bahwa dari jumlah pensiunan tersebut, akan dipenuhi secara bertahap sesuai dengan keputusan Kemenpan dan kebutuhan di masing-masing perangkat daerah.

“Kita hanya bisa mengajukan, mas, yang memroses adalah Kemenpan. Kalau yang formasi ini sudah sesuai, tenaga guru, kesehatan, dan infrastruktur. Kalaupun ada lagi, nanti di teknis yang lainnya,” jelasnya.

Saat ini, jumlah keseluruhan Aparatur Sipil Negera (ASN) di lingkungan kerja Pemkot Malang mencapai 7160.

“Ya tentunya nanti akan mengimbangi jumlah yang pensiun,” jelasnya.

Kanal Terkait