24 Jam Beroperasi, Ini Titik Pos Penyekatan Mudik di Sidoarjo 6-17 Mei 2021 - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
24 Jam Beroperasi, Ini Titik Pos Penyekatan Mudik di Sidoarjo 6-17 Mei 2021
istimewa
BERITA HIGHLIGHT

24 Jam Beroperasi, Ini Titik Pos Penyekatan Mudik di Sidoarjo 6-17 Mei 2021

Satukanal.com, Malang – Pemerintah telah melarang adanya mudik. Sejumlah titik pos penyekatan yang didirikan petugas di tiap Kota salah satunya Sidoarjo merupakan upaya agar larangan mudik lebih efektif.

Sementara itu, pos penyekatan mudik lebaran di Sidoarjo nantinya akan dijaga secara ketat oleh para petugas dan beroperasi selama 24 jam penuh terhitung mulai tanggal 6-17 Mei 2021 mendatang.

Titik-titik pos penyekatan di Sidoarjo berada di Exit tol Sidoarjo, Exit Tol Porong-Tanggulangin, dan Exit tol Waru.

Pihak Polresta Sidoarjo menyampaikan, Penyekatan wilayah memang lebih banyak di kawasan selatan atau wilayah yang berdekatan dengan Pasuruan.

Sementara itu, Polresta Sidoarjo juga telah mendirikan pos di Terminal Purabaya di Bungurasih Sidoarjo, pos di Stasiun Sidoarjo, dan pos pengamanan di Bundaran Taman Pinang serta di depan Pasar Krian.

Baca Juga :  Penjual Takjil di Perumahan Oma Campus Dau Sumbang Kemacetan

Pada pembatasan larangan mudik kali ini, skema yang telah dirancang Polresta Sidoarto tidak dilakukan per Kabupaten. Namun, menggunakan sistem algomerasi atau sistem rayon.

Dalam sistem rayon tersebut, wilayah Sidoarjo berada dalam satu rayon dengan wilayah Surabaya, Gresik, Lamongan, Mojokerto, dan Bangkalan. Sehingga, warga diwilayah satu rayon tersebut tetap diperbolehkan untuk beraktivitas lebaran.

Kombes Pol Sumardji selaku Kapolres Sidoarjo juga beberapa kali menghimbau personilnya agar selalu sigap dan terus berkordinasi dengan semua pihak. Selain itu, secara teknis, semua anggota sudah dibekali cara bertindak dalam berbagai kondisi selama Operasi Ketupat Semeru 2021.

Baca Juga :  Pelancong Coban Rondo Beranjak Normal

“Yang mudik, langsung diputar balik. Petugas gabungan TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, Dinkes, dan sejumlah pihak lain dikerahkan di setiap pos,” jelas Kapolresta Sidoarjo.

Para personel juga ditugaskan untuk selalu mengecek segala sesuatu yang dapat menimbulkan kerumunan massa. Seperti di pusat perbelanjaan modern, pasar, tempat wisata, tempat pemakaman (ziarah), dan sejumlah pusat keramaian lain.

Selain melakukan penjagaan di tiap-tiap pos penyekatan mudik, Polresta Sidoarjo juga akan menyediakan fasilitas untuk menunjang protokol kesehatan (prokes). Seperti, APD, masker, Handsanitizer, dan disinfektan.

“Bukan hanya masyarakat yang kita minta patuh, petugas di pos juga harus mematuhi protokol kesehatan,” tegasnya.

 

 

 

Pewarta : Naviska 
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait