2023 Jadi Gelombang Pensiun GTK Terbanyak, Pemkab Malang Ajukan 2.122 Guru Non PNS Masuk PPPK | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
2023 Jadi Gelombang Pensiun GTK Terbanyak, Pemkab Malang Ajukan 2.122 Guru Non PNS Masuk PPPK
BERITA HIGHLIGHT KABUPATEN MALANG STRAIGHT NEWS

2023 Jadi Gelombang Pensiun GTK Terbanyak, Pemkab Malang Ajukan 2.122 Guru Non PNS Masuk PPPK

SATUKANAL.com, MALANGPemerintah Kabupaten Malang (Pemkab) mengusulkan sekitar 2.122 guru non PNS untuk menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Hal tersebut dilakukan guna menyasati ketidak adanya rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2021 pada formasi guru.

Langkah Pemkab Malang tersebut diambil guna mencukupi kebutuhan peran tenaga kependidikan yakni guru yang ada dibeberapa wilayah Kabupaten Malang.

Pengajuan 2.122 guru non PNS untuk menjadi PPPK dilakukan guna menyiasati adanya gelombang pensiun tenaga kependidikan besar-besaran yang nantinya akan terjadi pada tahun 2023 mendatang.

Baca Juga :  Kunker ke Kota Malang, Emil Dardak Sosialisasi Perpanjangan PPKM

Nurman Ramdansyah selaku Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Malang menyampaikan kabar terkait dengan tidak adanya rekrutmen guru pada CPNS 2021 mendatang.

Kepala BKPSDM Kabupaten Malang tersebut menjelaskan bahwa, Pemerintah pusat telah menginstuksikan tidak dibukannya formasi guru pada CPNS 2021 dan melakukan pengajuan agar para guru non PNS tersebut didaftarkan pada PPPK.

Nurman Ramdansyah menyampaikan, angka pengusulan guru non PNS sejumlah 2.122 guru tersebut dirasa masih kurang. Di wilayah Kabupaten Malang sendiri kebutuhan akan profesi guru masih sangatlah tinggi.

Baca Juga :  Mahasiswa Program Doktor Fapet UB Gunakan Pasta Buah Merah, Ciptakan Rasa juiceness Pada Petty Burger

Hal tersebut dilihat berdasarkan pada tahun 2023 yang nantinya akan ada pensiun bagi para guru dan tenaga kependidikan (GTK) secara besar-besaran. Nurman juga menyampaikan bahwa kebutuhan guru di Kabupaten Malang masih sangatlah kurang, bahkan jika diproyeksi pada 5 tahun ke depan.

Pensiun para guru dan tenaga kependidikan (GTK) yang terjadi pada tahun 2021 ini terhitung sebanyak 602 GTK. Sedangkan pensiun GTK terbanyak akan terjadi pada tahun 2023 mendatang yakni mencapai 1.035 GTK.

 

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait