2021 Urus Adminduk di Kabupaten Malang Nggak Pakai Ribet ! - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
2021 Urus Adminduk di Kabupaten Malang Nggak Pakai Ribet !
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

2021 Urus Adminduk di Kabupaten Malang Nggak Pakai Ribet !

Satukanal.com, Malang – Diluncurkannya program Desaku Tuntas Kabupaten Malang, kini pelayanan data adminduk nggak pakai ribet dan lebih mudah. Program Desaku Tuntas merupakan salah satu gagasan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) bersama dengan Pemerintah Kabupaten Malang.

Pada Selasa (9/3/2021) program Desaku Tuntas ini diluncurkan langsung oleh Bupati Kabupaten Malang Sanusi. Peluncuran program tersebut diselenggarakan di Kantor Desa Mulyoagung, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.

Tata cara pengurusan data adminduk ini seluruh masyarakat Kabupaten Malang dapat mengurus data kependudukannya dengan hanya melalui pemerintah desa setempat saja. Dengan diluncurkannya program ini, Warga Kabupaten Malang juga tidak perlu jauh-jauh ke Kecamatan Kepanjen atau ke Kantor Dispendukcapil Kabupaten Malang untuk mengurus adminstrasi kependudukan.

Dengan program ini, Pemerintah Kabupaten Malang bisa memberikan pelayanan yang lebih memudahkan masyarakat karena segala kepengurusan adminduk bisa lebih cepat, terpadu dan tidak lagi ribet.

Sementara itu, pada acara launching program Desaku Tuntas juga turut dihadiri Sirath Aziez selaku Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dispendukcapil Kabupaten Malang. Ia menyampaikan, program Desaku Tuntas membuat kepengurusan data kependudukan bisa semakin dipermudah.

Baca Juga :  Area Wisata di Kota Malang Diuji Coba, Siapkan Protokol Kesehatan dan PeduliLindungi

Kemudahan pengurusan data adminduk dengan program Desaku Tuntas sedikitnya akan ada 6 layanan administrasi yang dapat dilakukan pada tingkat desa. 6 pelayanan itu antara lain, pelayanan Kartu Keluarga (KK), akte kelahiran, akte kematian, surat pindah datang, Kartu identitas anak (KIA) serta Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Namun, dari ke 6 pelayanan yang tercantum pada program Desaku Tuntas ini tidak semuanya dapat diselesaikan di tingkat desa. Sebagian data adminduk tetap harus diselesaikan pada jenjang pemerintah pusat dan kecamatan.

Aturan tersebut sebelumnya juga telah diatur dalam peraturan yang berlaku dengan melalui program Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM), yang nantinya akan ada di seluruh kecamayan yang ada di wilayah kabupaten Malang.

Dari ke 6 pelayanan yang bisa di urus melalui program Desaku Tuntas, masih membutuhkan tahapan lanjutan melalui program ADM diantaranya adalah pengurusan KTP dan KIA. Dikarenakan proses pencetakan ada pada tingkat kecamatan dan harus melalui ADM.

Hingga akhir tahun 2020 lalu, telah ada 17 ADM di 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Malang. Adanya program Desaku Tuntas yang mengarah pada pelayanan di sektor kependudukan telah disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat sebelumnya.

Baca Juga :  Pokdarwis Koeboeran Londo Selenggarakan Ritual Hana O Maku di Tugu Jepang

Sebagai informasi, Pemerintah Pusat melalui Zudan Arif Fakrulloh selaku Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri terus melakukan upaya inovasi digitalisasi pelayanan adminduk online di tengah pandemi Covid-19. Upaya membuat pelayanan adminduk secara online sudah diawali dengan SE Nomor 443.1/2978/ Dukcapil per 16 Maret 2020 yang telah diperpanjang masa berlakunya hingga pandemi Covid-19 berakhir.

Pada pelayanan adminduk online tersebut, masyarakat dapat melakukan proses pencetakan dokumen kependudukan seperti KK, akta kelahiran, surat kematian sendiri di rumah tanpa melakukan antri. Kemendagri juga membuka layanan online melalui WhatsApp dan website untuk urusan dokumen kependudukan atau pencatatan sipil. Bahkan layanan Dukcapil kini sudah merambah aplikasi mobile yang bisa diunduh di Playstore atau lewat Anjungan Dukcapil Mandiri yang ada di tiap-tiap daerah.

 

 

 

 

 

Pewarta : Naviska
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait