2016 : Baru 46 Juta Tersertifikat, Jokowi Genjot 5 Juta Sertifikat Tanah Di Tahun Ini - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Presiden Joko Widodo (Istimewa for satuchannel)
BERITA

2016 : Baru 46 Juta Tersertifikat, Jokowi Genjot 5 Juta Sertifikat Tanah Di Tahun Ini

Satuchannel.com, Kota Malang – Ditahun 2016 baru 46 Juta tanah yang Tersertifikat, dalam hal ini Jokowi langsung Genjot 5 Juta Sertifikat Tanah Di Tahun Ini. Kendati begitu, Jokowi menyayangkan pencapaian tahun lalu hanya mencapai 46 juta sertifikat yang baru dikasih.

Semua hal tersebut dipaparkan Jokowi pada lawatannya ke Malang, sekaligus penyerahan 10.038 sertifikat hak atas tanah kepada warga Jawa Timur (Jatim), di lapangan Rampal, rabu (24/5).

Dijelaskan Jokowi, untuk mengejar target tersebut, Pemerintah melalui Kementrian Agraria Dan Tata Ruang akan membagikan sertifikat tanah secara bertahap di seluruh Indonesia. Dalam hal ini, daerah Jatim minimal harus ada 500 ribu sertifikat yang diberikan kepada warganya.

“Seminimal-minimalnya, tahun 2017 sudah ada 500 ribu sertifikat tanah bagi warga Jatim. Untuk nasional, 5 juta sertifikat harus keluar. Tahun depannya, 2018 kita genjot lagi jadi 7 juta sertifikat”, terang mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Menurutnya, pemerintah harus punya target agar program kerja nasional bidang agraria ini tercapai. Bagaimanapun, ditahun 2019 target akan naik lagi jadi 9 juta sertifikat yang keluar.

Lewat keterangan Menteri Agraria dan Tata Ruang, Sofyan A. Djalil menyadari target yang diberikan Jokowi kepadanya memang harus tercapai. Diakui Sofyan, baru 31 persen tanah di Indonesia yang tersertifikasi sejauh ini.

“Melalui minimal 500 ribu sertifikat di Jatim. Harapannya, 69 persen lahan yang tidak tersertifikat bisa dikejar”, beber Sofyan. (GUM)

Kanal Terkait