200 Motor Tua Terpajang di Museum Klasik Ala Siswa SMK - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
200 Motor Tua Terpajang di Museum Klasik Ala Siswa SMK
Salah satu motor klasik di museum/Foto: Istimewa
BERITA Kanal Straight

200 Motor Tua Terpajang di Museum Klasik Ala Siswa SMK

SATUKANAL.com, Malang – Memanfaatkan momen ditengah digandrunginya motor jenis klasik di Kota Malang, SMK National Media Center (NMC) membuat museum motor klasik. Sebanyak 200 motor tua dari berbagai era dikumpulkan dan dipajang untuk membawa pengunjung bernostalgia.

Koordinator Museum Motor Klasik SMK NMC, Azhar Arkho mengungkapkan keberadaan museum ini bertujuan untuk sarana edukasi siswa.

Apalagi, di SMK ini terdapat program keahlian otomotif. Menurutnya, hampir 200 motor yang terpasang dirawat dan direstorasi oleh siswa keahlian otomotif. “Untuk koleksinya, kami berburu secara online hingga Jakarta, Bandung, dan Nusa Tenggara Barat (NTB),” ujar Azhar.

Baca Juga :  10 Ribu Siswa di Kediri Dipastikan Tak Masuk SMPN

Azhar menambahkan semua motor memiliki surat-surat yang lengkap. Bahkan, ada STNK di beberapa motor yang bermodel layaknya KTP.  Museum yang dibangun sejak awal 2020 itu terdapat tiga lantai. Seluruh lantai pada gedung tersebut dihiasi sejumlah motor langka.

Tidak hanya itu saja, koleksi motor yang dimiliki diantaranya adalah Vespa Kongo, Vespa Primavera Sean Wotherspoon, Vespa SS 90, Yamaha RX Series, Honda CB series, SMI, dan masih banyak lainnya.

Baca Juga :  Lulusan SD Luar Kota Boleh Ikut PPDB Prestasi Nilai Rapor

Pihaknya juga berencana menambah beberapa unit motor klasik lagi. Nantinya, siswa maupun pengunjung dapat berswafoto di sana.

Ke depannya, SMK NMC bakal menerima mesin oplet yang pernah dipakai Rano Karno saat syuting Si Doel. Dia sangat senang museum motor klasik ini menjadi satu-satunya di Indonesia yang dimiliki sebuah sekolah.

“Sangat senang dan gak nyangka bisa sampai 200 unit, semoga terus bisa bertambah,” pungkas Azhar.

 

 

Pewarta : Chosa Setya
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait