14.852 RT di Malang Steril Covid-19 - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
14.852 RT di Malang Steril Covid-19
Data Covid-19 di seluruh dunia per 6 September 2021, Indonesia berada di nomor 18 kasus aktif Covid-19 terbanyak (Foto: Freepik)
BERITA Kanal Straight

14.852 RT di Malang Steril Covid-19

Satukanal.com, Malang – Sebanyak 14.852 Rukun Tetangga (RT) di Kabupaten Malang dipastikan sudah sterildari paparan Covid-19. Tak hanya itu, tingkat keterisian Bed Occupancy Rate (BOR) ICU dan isolasi di seluruh rumah sakit (RS) Rujukan yang sebelumnya mencapai 85-90 persen, kini turun menjadi 30 persen.

Tercatat dari 14.947 RT yang tersebar di 390 desa/kelurahan di Kabupaten Malang, 95 RT masuk zona kuning. Sedangkan selebihnya 14.852 RT dalam kategori zona hijau alias steril kasus Covid-19.

”Di tingkat RT juga terus kami lakukan pengawasan dan pencegahan melalui Satgas Covid-19 yang ada di tiap kecamatan,” ujar Bupati Malang Sanusi

Selain faktor PPKM, Sanusi mengatakan, penurunan kasus Covid-19 ini sebagai hasil percepatan vaksinasi, serta kepatuhan masyarakat menerapkan protokol kesehatan (prokes) selama PPKM, 3 Juli hingga pertengahan September ini.

Untuk capaian vaksinasi, dijelaskan Sanusi bahwa saat ini sudah ada 473.222 warga yang divaksin atau 23 persen. Dalam data di dinas kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang, saat ini angka kasus harian turun drastis dibanding sebelum PPKM.

Baca Juga :  Vaksin Anak Sekolah di Kediri Mulai Digencarkan

Sebelumnya, angka konfirmasi harian di daerah terluas nomor dua di Jawa Timur ini bisa mencapai 200 penderita baru dalam sehari. Namun dalam seminggu terakhir, penambahan penderita baru selalu di bawah 50 kasus. Paling rendah terjadi pada 9 September lalu, hanya 16 kasus baru.

”Kami terus mendorong agar kasus positif Covid-19 bisa terus turun. Target saya bukan berdampingan dengan Covid-19, tapi hidup tanpa Covid-19,” imbuhnya.

Politikus PDI Perjuangan itu menambahkan, akan banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh warga ketika status PPKM di Kabupaten Malang terus turun. Salah satunya, roda perekonomian bisa berjalan normal seperti sedia kala.

Sebab Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) untuk daerah PPKM level 2 sudah boleh membuka wisata dan fasilitas umum, tapi harus prokes ketat.

Baca Juga :  Mahasiswa FK UMM Ciptakan Sarung Tangan Cegah Syaraf Terjepit

“Dengan begitu, para pelaku wisata, baik pengelola maupun para pedagang di tempat wisata bisa mendapatkan penghasilan kembali. Sehingga kami dorong agar masyarakat bisa bersama-sama berupaya menurunkan kasus covid-19 di Kabupaten Malang. Caranya ya disiplin prokes, serta mengikuti vaksinasi,” tandasnya.

Terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang Wahyu Hidayat menambahkan, saat Kabupaten Malang berhasil turun ke level 2, ada banyak kelonggaran yang dinikmati warga. Di sisi lain, Wahyu mewanti-wanti agar masyarakat tidak terlena dengan melandainya kasus Covid-19.

“Jika mobilitas warga membeludak kembali dan kasus positif meningkat lagi, bukan tidak mungkin level PPKM naik lagi,” katanya.

Dia mengimbau agar masyarakat tetap disiplin menerapkan prokes. Dengan begitu, trend penurunan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Malang bisa terus dipertahankan.

Pewarta: Chosa Setya Ayu Widodo
Editor: Ubaidhillah 

    Kanal Terkait