11 Ribu Dosis Vaksin Modena Segera Disuntikkan Nakes di Kota Malang - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Ilustrasi Vaksin Covid (Foto: Bayu/Satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

11 Ribu Dosis Vaksin Modena Segera Disuntikkan Nakes di Kota Malang

Satukanal.com, Malang – Tenaga Kesehatan (Nakes) di Kota Malang akan segera mendapatkan vaksin tahap ke 3. Selain Nakes di tahap yang sama vaksin juga diberikan untuk golongan disabilitas.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, dr Husnul Muarif mengungkapkan, vaksinasi tahap 3 nantinya akan diprioritaskan untuk 11 ribu nakes dan Disabilitas. Adapun dosis yang digunakan adalah vaksin Moderna untuk Nakes dan Sinopharm untuk Disablitas.

“Informasinya kita akan mendapatkan jatah dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) vaksin Moderna sebanyak 11.934 dan vaksin Sinopharm sebanyak 539,” ujarnya

Persyaratan yang dibutuhkan bagi nakes untuk mengikuti vaksinasi tahap tiga salah satunya sudah tervaksin tahap dua minimal sudah tiga bulan lalu. Selain itu, bagi sasaran disabilitas merupakan vaksinasi tahap satu dengan jarak vaksin tahap selanjutnya 21 hari setelahnya.

Baca Juga :  Kepala BNPT Lakukan Kunjungan ke Malang

“Untuk Sinopharm itu terdiri dari disabilitas fisik, mental atau ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa). Itu dosis satu dan dia jaraknya 21 hari,” tuturnya.

Husnul akan melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial Kota Malang untuk melakukan pendataan dan pemetaan disabilitas di Kota Malang.

“Kami akan lihat dulu komunitas disabilitasnya itu ada di mana. Bisa nanti di beberapa tempat sesuai dengan komunitas disabilitas. Kan biasanya ada pendampingnya nanti,” jelasnya.

Baca Juga :  Pokdarwis Kampung Gribig Religi Lestarikan Tradisi Bubur Sapar

Namun karena jatah vaksin belum diberikan Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. Husnul belum bisa memastikan kapan proses vaksinasi Nakes dan Disabilitas di Kota Malang itu akan dimulai.

“Kemarin Senin (2/8/2021) sudah dilaunching di UNISMA dan UMM menjadi yang pertama di Jawa Timur, untuk difabel 25 orang, dan nakes 25 orang. Namun untuk kelanjutannya kami masih menunggu jatah vaksin datang. Mudah-mudahan vaksin bisa segera datang dan kami akan segera laksanakan,” pungkasnya.

Pewarta : Chosa Setya Ayu Widodo
Editor: Ubaidhillah

    Kanal Terkait