11.11, Dari Hari Jomblo Sedunia Beralih ke Hari Belanja Online Nasional | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
11.11, Dari Hari Jomblo Sedunia Beralih ke Hari Belanja Online Nasional
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

11.11, Dari Hari Jomblo Sedunia Beralih ke Hari Belanja Online Nasional

SATUKANAL.com, NASIONAL– Tanggal 11 November 2020 atau disingkat dengan 11.11 banyak diidentikan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

Di Indonesia sendiri momentum Harbolnas 11.11 dimeriahkan dengan berbagai diskon serta promo yang  diberikan oleh banyak E-Commerce. E-Commerce tersebut diantaranya Shopee, tokopedia, Lazada serta banyak lagi. Namun, banyak yang tidak tahu bahwa 11 november adalah hari jomblo sedunia atau single day.

Dilansir dari Tirto.id bahwa 11 november diperingati sebagai hari libur untuk membantu para lajang yang menunjukkan kebanggaan mereka menjadi lajang. Terdapat beberapa versi yang menyebutkan asal-usul 11.11 november sebagai single day.

Versi pertama menyebutkan jika tanggal ini dipilih oleh para mahasiswa jomblo di Universitas Nanjing China. Meneurut mereka, tanggal 11.11 tampak seperti sekelompk orang. Mereka juga menagatakan jikalau tanggal tersebut harusnya dirayakan bersama bukan diratapi.

Tanggal 11.11 ini kemudian berkembang cepat menjadi hari libur dan tidak resmi. Pada tanggal tersebut, para lajang di seluruh Cina memanjakan diri dengan makan malam yang enak serta berbelanja. Atau sekedar memberikan hadiah pada diri sendiri dengan berbelanja barang yang mereka sukai.

Versi lainnya menyebutkan, single day atau 11.11 awalnya dibuat oleh Alibaba untuk merayakan yang tidak terikat, sebuah antitesis dari orang-orang yang terlibat asmara di Hari Valentine.

Berawal dari tradisi belanja untuk dri sendiri di hari jomblo atau single day kemudian menjadi hari raya berbelanja bagi orang Cina. Peluang inilah yang ditangkap oleh Daniel Zhang, CEO Alibaba dengan memberikan promo penjualan online di Hari Jomblo Sedunia pada 11 November.

Tak hanya menjadi hari jomlo sedunia, pada 11.11 ini kemudian berkembang Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas. Seperti halnya dengan Harbolnas 2020 ini, sejumlah platform e-commerce menggelar aneka promo.

Menurut Ketua umum Asosiasi e-commerce Indonesia (idEA), Bima Laga menyebut bahwa tahun ini sejumlah e-commerce memberikan diskon mulai dari cicilan 0% diskon, free ongkos kirim serta aneka promo lainnya.

“Booming 11.11 menjanjak drastis setelah Alibaba menciptakan parade belanja online penuh diskon selama hari single day pada tanggal 11 november 2009,” kata Bima melalui keterangan tertulisnya, rabu 11 November 2020.

Tahun ini, 11.11 akan dimulai lebih awal dengan penjualan online antara 1-3 November untuk emmenuhi permintaan yang terus meningkat dari konsumen Cina. Dan pada puncaknya ada lebih dari 350.000 merek lokal maupun internasional yang diperjualbelikan.

Untuk itu, meskipun banyak diskon serta promo yang menanti sebaiknya tetaplah bijak dalam berbelanja serta meggunakan uang.

 

Pewarta: Adinda A.I.U.
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait