100 Titik E-Parking di Kota Batu Akan Diterapkan Maret Ini - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
100 Titik E-Parking di Kota Batu Akan Diterapkan Maret Ini
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

100 Titik E-Parking di Kota Batu Akan Diterapkan Maret Ini

SATUKANAL.com, BATU– Pemerintah Kota (Pemkot) Batu akan segera menerapkan pemberlakuan E-Parking. Pada tahap awal, ada 100 titik parkir sistem manual yang akan diganti ke elektronik. Rencananya, kebijakan itu sudah dimulai Maret mendatang sejalan dengan payung hukum E-Parking yang telah siap. Hal ini lantaran, semua titik parkir yang diterapkan E-Parkir harus ada SK Wali Kota.

Imam Suryono selaku Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batu menyampaikan, jumlah total lokasi parkir di Kota Batu ada sekitar 220 titik. Kemudian, 100 titik diantaranya akan diterapkan E-Parkir dulu. “Prosesnya kami lakukan secara bertahap, karena semua butuh penyesuaian,” ungkapnya.

Menurut Imam, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan kelurahan dan desa di Kota Batu terkait kebijakan parkir tersebut. Mengingat, penting agar kebijakan E-Parkir ini bisa mendapatkan dukungan penuh sampai tingkat terendah.

Baca Juga :  Coban Putri Masih Sepi, Pengelola Rela Tekor

“Kebijakan ini juga didukung dari pihak desa dan kelurahan, apalagi hal ini guna pembangunan Kota Batu (pendapatan daerah),” terangnya.

Disebutkan jika di antara semua titik parkir tersebut, wilayah kecamatan batu menjadi yang terbanyak. Sedangkan, jumlah juru parkir (jukir) ada sekitar 300 orang. “Wilayah sekitar alun-alun Kota Batu menjadi titik yang paling banyak menerapkan kebijakan ini,” jelasnya.

Lebih lanjut, Kabid Perparkiran Dishub Kota Batu Hari Juni menyebut bahwa  para jukir itu juga akan mendapatkan pengetahuan dan pelatihan seputar E-Parkir, terutama mengenai teknis operasionalnya di lapangan.

Disampaikan terpisah, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menyampaikan, sistem nformasi dan teknologi seharusnya sudah diterapkan untuk memberikan kemudahan dan efisiensi. Penerapan sistem parkir non tunai ini sekaligus untuk memudahkan retribusi parkir.

“Untuk kemudahan dan efisiensi, teknologi harusnya sudah diterapkan dalam kehidupan kita. Untuk itu pemerintah Kota Batu akam menerapkan sistem parkir dengan parkir non tunai agar memudahkan retribusi,” jelasnya, Rabu (24/2/2021) saat sosialisasi juru parkir terkait retribusi parkir dan sistem E-Parking tanggal 24-25 Februari 2021 di Hotel Aster Kota Batu.

Baca Juga :  Dokter Jemput Pak Bahir Permudah Orangtua di Batu Peroleh 3 Dokumen Kependudukan Bagi Anak

Harapannya, dengan adanya perda baru terkait parkir melalui sistem informasi manajemen E-parking Kota Wisata Batu (SIMePKWB ini, dalam pelaksanaanya bisa memperbaiki roda kesejahteraan masyarakat termasuk Kota Batu.

Adapun Perda yang dibahas bersama dengan DPRD Kota Batu, ada pembagian sebesar 60 persen untuk jukir (juru parkir). Sedangkan sisanya yakni 40 persen diberikan kepada Pemkot yang nantinya akan kembali ke masyarakat. Apalagi tahun ini, target retribusi parkir sebesar 8,5 miliar  rupiah tidak mustahil untuk dicapai.

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

 

Kanal Terkait