10 Rumus Excel yang Wajib Dikuasai Para Fresh Graduate, Simak! - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
10 Rumus Excel yang Wajib Dikuasai Para Fresh Graduate, Simak!
Microsoft Excel (Foto: Pixabay.com)
BERITA Kanal Artikel

10 Rumus Excel yang Wajib Dikuasai Para Fresh Graduate, Simak!

Satukanal.com, Nasional – Bagi para Fresh Graduate yang telah terjun di dunia kerja, pasti sudah tidak asing lagi dengan software satu ini, Microsoft Excel. Saat ini, menguasai Microsoft Excel merupakan keterampilan yang wajib dimiliki, terutama untuk dunia kerja.

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyebut dalam dunia kerja, kemampuan menggunakan rumus Excel dibutuhkan untuk mempercepat proses pengolahan data perusahaan.

Formula dan function-nya membuat excel kerap kali dijadikan alat pembuatan laporan baik itu dalam bentuk sederhana ataupun dalam bentuk yang lebih kompleks. Mulai dari penjumlahan sederhana, menghitung anggaran, membuat tabel, semua bisa dilakukan menggunakan Excel.

Namun, Microsoft Excel sendiri ternyata memiliki banyak rumus di dalamnya yang tak jarang membuat orang kebingungan dengan masing-masing fungsinya. Berikut rumus Microsoft Excel beserta fungsinya yang telah dirangkum Satukanal.com.

1. SUM

Rumus ini digunakan untuk melakukan penambahan data yang sifatnya angka. Efektif digunakan bila data yang ingin dijumlah merupakan data dengan jumlah yang banyak. Sebagai catatan, Excel tidak mengenal rumus pengurangan, namun untuk mengakalinya dapat gunakan tanda operasi bilangan (kurang) atau (-).

  • Penulisan : =SUM (number 1, [number 2],… )
Baca Juga :  Jadi Korban Mafia Tanah, Kakanwil BPN DKI Jakarta Imbau Masyarakat Tak Beri Kuasa Pengurusan Tanah Pada Orang Lain

2. AVERAGE

Rumus AVERAGE digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari suatu variabel, misalnya mencari nilai rata-rata siswa dalam satu kelas.

  • Penulisan : =AVERAGE(number1:number2)

3. IF

Fungsi If memungkinkan pengguna membuat perbandingan logis dengan menguji parameter dan mengembalikan hasil jika hasil yang keluar “True/False”.

  • Penulisan: = IF(logical_test, [value_if_true],[value_if_false])

4. COUNT

Rumus ini berfungsi untuk menjalankan fungsi menghitung semua sel rentang tertentu yang berisi nilai numerik.

  • Penulisan: COUNT(value1,[value2],..]

5. SumIF

Fungsi rumus Excel SumIF adalah menjumlahkan suatu item di tabel yang cocok dengan kondisi tertentu.

  • Penulisan : sumif(range,criteria,[sum_range])

6. MAX

Rumus untuk menampilkan nilai data terbesar.

  • Penulisan : =MAX(cell pertama:cell terakhir)
Baca Juga :  Ingin Cairkan Dana Pensiun BPJS Ketenagakerjaan? Simak Cara dan Syaratnya

7. MIN

Rumus untuk menampilkan nilai data terkecil.

  • Penulisan : =MIN(cell pertama:cell terakhir)

8. Choose

Fungsi ini digunakan untuk memilih dan menampilkan satu nilai pada sekumpulan atau satu list nilai. Bisa digunakan untuk memilih 1 nilai sampai 254 berdasarkan nomor index. Adapun index adalah fungsi untuk mengambil atau menghasilkan nilai dari range atau tabel.

  • Penulisan: =Choose(index_num,value1,[value2],…)

9. Match

Fungsi rumus Excel Match adalah menunjukkan posisi relatif suatu item di tabel yang cocok dengan kondisi atau kriteria tertentu. Misalnya, kita ingin mencari apakah di sebuah tabel ada nama orang tertentu.

  • Penulisan : match(lookup_value,lookup_array,[match_type])

10. REPT

Rumus REPT adalah rumus yang umum digunakan untuk mengulangi angka atau huruf sesuai dengan jumlah yang ditentukan.

  • Penulisan : =REPT(apple;berapa banyak pengulangan)

Apabila sudah menguasai rumus-rumus di atas penggunaan Microsoft Excel dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari akan lebih mudah.

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait