10 Rekomendasi Merek Set Top Box Tersertifikasi Kominfo - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
10 Rekomendasi Merek Set Top Box Tersertifikasi Kominfo
Ilustrasi Set top box
BERITA Kanal Straight

10 Rekomendasi Merek Set Top Box Tersertifikasi Kominfo

Satukanal.com, NasionalDi Era Baru teknologi siaran TV digital dapat digunakan secara gratis oleh seluruh masyarakat Indonesia. Dengan dihadirkannya alat untuk penangkap siaran TV digital, akan memungkinkan untuk mendapatkan hasil gambar yang bagus kualitas gambar sempurna.

Diketahui, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) secara resmi membeberkan daftar Set Top Box (STB) tersertifikasi menjadi 10 merek, yang semula hanya sembilan merek. Perangkat STB dipakai untuk mendukung siaran TV digital.

Menkominfo Johnny G. Plate, juga mengimbau masyarakat membeli STB yang telah mendapat sertifikasi Kominfo. Rencananya pemerintah bakal memindahkan siaran tv analog ke digital, maksimal 22 November 2022 mendatang.

Pemerintah mengklaim siaran TV digital memiliki banyak keuntungan bagi masyarakat, di antaranya gambar yang jernih serta beragam pilihan siaran. Berikut daftar set top box sertifikasi resmi dari Kominfo

– NEXMEDIA – NA1300/DVB-T2 MPEG4 HD: Rp235 ribu
– POLYTRON – PDV 600T2 : Rp391 ribu – Rp570 ribu
– ICHIKO – 8000HD : Rp200 ribu – Rp257 ribu
– AKARI – ADS-2230 : Rp355 ribu – Rp390 ribu
– AKARI – ADS-210 : Rp400 ribu – Rp580 ribu
– AKARI – ADS-168 : Rp389 ribu – Rp650 ribu
– VENUS – Brio : Rp215 ribu – Rp380 ribu
– TANAKA – T2 : Rp220 ribu – Rp265 ribu
– EVERCOSS- STB1 : Rp219 ribu – Rp 245 ribu
-Matrix Apple: Rp198 ribu
– NEXTRON – NT2000-D : Rp300 ribu
– EVINIX – H-1 : Rp204 ribu – Rp225 ribu
– NEXTRON – TR 1000 :

Baca Juga :  Waspada! BMKG Prediksi Fenomena La Nina Terjadi di Akhir Tahun

Sementara itu, ada beberapa cara untuk pasang STB pada pesawat televisi analog agar siaran yang diinginkan dapat dinikmati.

Apabila sudah membelinya, disarankan untuk membaca buku petunjuk atau panduan yang ada di dalam kotak perangkat STB. Hal ini untuk mengetahui bagaimana cara yang baik untuk menginstal perangkat tambahan itu. Berikut langkah memasang STB di TV:

  1. Sebelum memulai sebaiknya memperhatikan panel dan port pada bagian belakang STB. Beralih ke pesawat tv, disarankan juga untuk memperhatikan panel pada bagian belakang TV.
  2. Pasang kabel penghubung antena dari perangkat tv digital ke perangkat tv yang sama-sama berada di belakang perangkat.
  3. Hubungkan STB Anda ke Televisi menggunakan Kabel AV ( Audio Video ) maupun menggunakan Kabel HDMI.
  4. Setelah semuanya terhubung, tekan tombol on STB serta TV. Terdapat remote yang terhubung dengan perangkat STB. Anda dapat mengoperasikannya lewat remote tersebut.
  5. Pilih menu cari saluran otomatis, tunggu beberapa saat sampai proses pencarian saluran tv dan radio digital selesai.
  6. Hasil dari pemindaian tersebut akan muncul di layar televisi. Pada list siaran tv akan ditampilkan pada bagian kiri, dan radio sebelah kanan.
Baca Juga :  Bantu Pelaku Pariwisata, Kemenparekraf Siapkan Bantuan 1,8 Juta

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait