1 Orang Hilang & 260 Rumah di Kota Malang Terendam Banjir Akibat Hujan Deras - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
1 Orang Hilang & 260 Rumah di Kota Malang Terendam Banjir Akibat Hujan Deras
BERITA HIGHLIGHT KOTA MALANG STRAIGHT NEWS

1 Orang Hilang & 260 Rumah di Kota Malang Terendam Banjir Akibat Hujan Deras

Satukanal.com, Malang – Hujan deras dengan intensitas tinggi yang mengguyur Kota Malang hingga menyebabkan beberapa wilayah di Kota Malang terdampak banjir.

Raditya Jati selaku Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyampaikan bahwa, banjir yang terjadi di Kota Malang berlangsung pada Senin (18/01/2021).

Banjir yang mengguyur 4 Kecamatan di Kota Malang juga menyebabkan 260 rumah terendam banjir dan satu orang dinyatakan hilang atas insiden ini.

Empat kecamatan tersebut diantaranya, Kecamatan Klojen, Kecamatan Sukun, Kecamatan Kedungkandang, dan Kecamatan Lowokwaru.

Pihak BNPB juga mengatakan bahwa, insiden banjir di Kota Malang juga menyebabkan struktur tanah di beberapa wilayah Kota Malang menjadi labil.

“Satu orang dinyatakan hilang dan 2 Kartu Keluarga (KK) mengungsi ke kediaman kerabat,” Ujar Raditya Jati dalam keterangan resminnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang Alie Mulyanto menjelaskan, korban banjir di Malang yang hilang bernama Roland Sumarna (40). Saat kejadian, korban berupaya menyelamatkan sepeda motor miliknya yang terseret derasnya aliran air akibat hujan.

Baca Juga :  Perhatikan!! Potensi Banjir 5 Desa di Kabupaten Kediri

BPBD Kota Malang bersama para relawan tengah melakukan pencarian terhadap korban yang terseret arus tersebut. Total personel yang diterjunkan untuk pencarian korban berjumlah kurang lebih sebanyak 20 orang.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang mencatat tinggi banjir yang menggenangi 4 Kecamatan di wilayah Kota Malang tersebut antara 20 hingga 50 sentimeter.

Adapun dampak terjadinya banjir ini menyebabkan banyak kerugian materil tercatat sebanyak 260 rumah terendam banjir serta 2 unit sepeda motor hanyut dalam insiden ini.

Pihak BPBD Kota Malang pun hingga kini masih terus berupaya melakukan beberapa pendataan atas kerugian lainnya yang mungkin timbul karena insiden banjir ini.

Dari hasil pemantauan BPBD Kota Malang, keempat Kecamatan yang sebelumnya terdampak banjir, kini air yang menggenangi rumah warga sudah berangsur surut.

Baca Juga :  Gerakan Seribu Labu Plasma Konvalesen Tuai Apresiasi Wawali Kota Malang

Meskipun banjir sudah mulai reda, pihak BPBD Kota Malang menghimbau seluruh masyarakat Kota Malang untuk selalu siaga dan waspada ketika musim hujan melanda seperti saat ini, karena bencana alam dapat terjadi kapan saja dan dimana saja.

Masyarakat juga diminta untuk memantau kondisi cuaca tiap harinya melalui laman media sosial resmi milik Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) agar selalu siaga.

Menurut pemantauan BMKG, pada bulan ini hingga Februari 2021 mendatang, Provinsi Jawa Timur berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Terjadinya insiden banjir ini, Pihak BPBD Kota Malang akan melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan beberapa instansi serta lembaga terkait untuk penangan banjir tersebut.

 

 

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait